DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI VOLUME PRISMASEGITIGA MENGGUNAKAN KOMBINASI MODEL REALISTIC MATHEMATICSEDUCATION DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS PADA SISWA KELAS V SDN 1 PALANGKAU BARU KAPUAS
PENGARANG:MAKHFIKA NUR SAFITRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-12


ABSTRAK

Safitri, Makhfika Nur. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Materi Volume Prisma Segitiga Menggunakan Kombinasi Model Realistic Mathematics Education dan Student Teams Achievement Divisions Pada Siswa Kelas V SDN 1 Palangkau Baru Kapuas. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Drs. Sunarno,M.Pd

 

Kata Kunci: Hasil Belajar, Volume Prisma Segitiga, Realistic Mathematics Education. Student TeamsAchievement

 

Permasalahan yang terjadi di kelas V SDN 1 Palangkau Baru Kabupaten Kapuas yaitu rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi volume prisma segitiga. Hal ini disebabkan siswa pasif dalam pembelajaran, siswa belum mampu berpikir secara kritis, pembelajaran matematika dianggap sulit oleh siswa, guru tidak menggunakan model media pembelajaran serta pembelajaran hanya satu arah. Melalui kombinasi model Realistic Mathematics Education dan Student Teams Achievement Divisions merupakan salah satu solusi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendekskripsikan aktivitas guru dan aktivitas siswa, serta menganalisis peningkatan hasil belajar siswa menggunakan kombinasi model Realistic Mathematics Education dan Student Teams AchievementDivisions.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Setting penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Palangkau Baru Kabupaten Kapuas tahun ajaran 2020/2021 dengan jumlah siswa 10 orang, terdiri dari 7 perempuan dan 3 laki-laki. Jenis data dalam penelitian ini adalah data Kualitatif dan data Kuantitatif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis dan cross tabulasi dijabarkan dengan tabel, grafik dan interpretasi dengan persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh peneliti mengalami keberhasilan peningkatan aktivitas guru siklus I dengan kriteria “Baik” mengalami peningkatan dengan kriteria “Sangat Baik” pada siklus II. Aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran mencapai kriteria “Cukup Aktif” pada siklus I dan meningkat dengan kriteria “Sangat Aktif. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individual mendapatkan nilai ≥70 dan secara klasikal mencapai indikator keberhasilan yaitu nilai ≥80%.

Berdasarkan Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Realistic Mathematics Education dan Student Teams Achievement Divisions dapat meningkatkan hasil belajar siswa serta hipotesis diterima. Disarankan penelitian ini dapat menjadi salah satu alternatif referensi untuk penelitian selanjutnya.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI