DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MODEL TALKING STICK DAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KB PERTIWI ANJIR PASARMENGEMBANGKAN ASPEK KOGNITIF MENGENAL LAMBANG BILANGAN MELALUI MODELTALKING STICK DAN MEDIA PAPAN FLANEL PADA ANAK KB PERTIWI ANJIR PASAR
PENGARANG:MAISYATI MUKARRAMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-12


 

Mukarramah,Maisyati. 2021. Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Dalam Mengenal Lambang Bilangan Menggunakan Kombinasi Model Talking stickDan Media Papan Flanel Pada Anak KB PERTIWI Anjir Pasar. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Lambung Mangkurat Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Ratna Purwanti, S.Pd., M.Pd.

 

Kata kunci    : Kognitif, mengenal lambang bilangan, Talking Stick, media papan flanel.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil perkembangan kognitif anak pada kelompok bermain dalam mengenal lambang bilangan.Hal ini disebabkan Pembelajaran yang berlangsung satu arah dan kurangnya penggunaan media yang memaksimalkan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, motivasi anak dan hasil perkembangan kognitif anak.

 

Pendekatan penelitian ini menggunakan kualitatif dengan jenis penelitian tidakan kelas, dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan, subyek penelitian yaitu 6 anak (3 laki-laki dan 3 Perempuan).Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara serta penilaian aspek perkembangan kognitif.Indikator keberhasilan aktivitas guru dikatakan berhasil apabila mencapai nilai bintang (* * *) dan (* * * *).

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Aktivitas guru pada pertemuan ke 1 dengan skor 16 dengan kategori “Cukup Baik”, Pertemuan ke-2 dengan skor 21 dengan kategori “Baik”, dan pertemuan ke-3 dengan skor 23 dengan kategori “Sangat baik”. (2) Aktivitas Anak pada pertemuan ke 1 dengan prentase 33,3% kategori “kurang aktif” pertemuan ke 2 dengan presentase 83,3% kategori “sangat aktif”, pertemuan ke 3 dengan presentase 100% kategori “sangat aktif”. (3) hasil perkembangan kognitif pada pertemuan terakhir mencapai 100% anak yang berhasil dengan mendapatkan * * * (BSH) DAN * * * * (BSB).

            Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulankan bahwa melalui model talking stick dan media papan planel dapat meningkatkan aktivitas dan hasil perkembangan kognitif anak dengan sangat baik dan sangat aktif.Disarankan bagi kepala sekolah dan guru dapat dijadikan sebagai bahan masukan model pembelajaran untuk meningkatakan perkembangan pada anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI