DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN AKTIVITAS, MINAT, DISIPLIN, DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI PENGOLAHAN DATA MENGGUNAKAN MODIFIKASI MODEL MAP TURRET DI KELAS V-B SDN RANTAU KANAN 2 KABUPATEN TAPIN
PENGARANG:NOOR MAIRIN ISNANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-12


ABSTRAK

 

Isnani, Noor Mairin. 2021. Meningkatkan Aktivitas, Minat, Disiplin, dan Hasil Belajar Siswa pada Materi Pengolahan Data Menggunakan Modifikasi Model MAP TURRET di Kelas V-B SDN Rantau Kanan 2 Kabupaten Tapin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Herti Prastitasari, M.Pd.

 

Kata Kunci : Aktivitas, Minat, Disiplin, Hasil Belajar, Pengolahan Data, MAP TURRET.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurangnya aktivitas, minat belajar, disiplin belajar, dan rendahnya hasil belajar siswa pada muatan pelajaran matematika materi pengolahan data. Penyebabnya adalah pembelajaran yang bersifat satu arah, pembelajaran dilaksanakan secara daring (online) dari rumah, kurang tegasnya peraturan yang diberlakukan dalam kegiatan pembelajaran, serta pelajaran yang terkesan sulit dan menakutkan karena tentang matematika. Upaya mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan pembelajaran menggunakan modifikasi model MAP TURRET,yang merupakan pengkombinasian dari model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division, Course Review Horay, dan Talking Stick. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan aktivitas, minat, disiplin dan hasil belajar siswa.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat kali pertemuan. Subjek pada penelitian ini adalah 6 orang siswa kelas V-B SDN Rantau Kanan 2 Kabupaten Tapin tahun pelajaran 2020/2021. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui angket minat dan disiplin belajar. Data kuantitatif diperoleh melalui teknik tes tertulis secara individu.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas siswa telah mengalami peningkatan, yang pada pertemuan 1 hanya mencapai 66,67% sampai pada pertemuan 4 meningkat menjadi 100% dengan kategori sangat aktif. Minat belajar siswa telah mengalami peningkatan dan mencapai ketuntasan klasikal, yang pada pertemuan 1 mencapai 83,33% sampai pada pertemuan pertemuan 4 mengalami meningkat menjadi 100% dengan kategori sangat berminat. Disiplin belajar siswa dari pertemuan 1 sampai dengan pertemuan 4 telah memperoleh ketuntasan klasikal mencapai 100% dengan kategori sangat disiplin. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pada pertemuan 1 mencapai 83,33% dan terus mengamali peningkatan sampai pada 4 mencapai 100%.

Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa Modifikasi Model MAP TURRET dapat meningkatkan aktivitas, minat, disiplin dan hasil belajar siswa. Disarankan penggunaan model tersebut merupakan salah satu alternatif dalam meningkatkan aktivitas, minat dan disiplin belajar yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI