DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENGEMBANGKAN AKTIVITAS ANAK DAN SIKAP KEMANDIRIAN MENGGUNAKAN MODEL PULPEN PADA KELOMPOK A PAUD AISYIYAH BUSTHANUL ATHFAL 6 BANJARMASIN
PENGARANG:TRI MAULIDA YANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-12


ABSTRAK

 

Yanti, Tri Maulida. 2021. Mengembangkan Aktivitas Anak Dalam Sikap Kemandirian Menggunakan Model PULPEN Pada Kelompok A Paud Aisyiyah Busthanul Athfal 6 Banjarmasin. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Anak Usia Dini FKIP ULM Banjarmasin. Pembimbing Dr. Noorhapizah, ST., M.Pd.

Kata Kunci : Sosial Emosional , Menunjukkan Sikap Kemandirian, Model PULPEN

 

Permasalahan yang diangkat dari penelitian ini adalah aktivitas anak dan sikap kemandirian dalam aspek sosial emosional pada Paud Aisyiyah Busthanul Athfal 6 Banjarmasin yang mengakibatkan aktivitas anak dibawah indikator. strategi pembelajaran yang digunakan dalam mengembangkan aspek sosial emosional dalam menunjukkan sikap kemandirian masih rendah, guru kurang memberikan motivasi kepada anak, serta pembelajaran yang guru berikan kurang bervariasi, dan juga pada saat di rumah orang tua kadang terlalu memanjakan anaknya  sehingga pada saat di sekolah anak tidak menjadi mandiri dalam mengikuti pembelajaran sehingga pembelajaran tersebut menjadi membosankan dan kurang bermakna bagi anak itu sendiri. Maka solusinya  sikap kemandirian harus ditanamkan sejak sedini mungkin kepada anak salah satunya dengan menggunakan Model PULPEN. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis kemampuan sosial emosional anak dalam melaksanakan proses belajar mengajar dalam menunjukkan sikap kemandirian menggunakan Model PULPEN pada Kelompok A Paud Aisyiyah Busthanul Athfal 6 Banjarmasin.

Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan sebanyak 4 pertemuan, dilaksanakan di Paud Aisyiyah Busthanul Athfal 6 Banjarmasin yang berjumlah 5 orang siswa. Jenis data yang disajikan adalah data kegiatan guru dan siswa yang didapat melalui observasi, serta data hasil capaian Perkembangan Sosial Emosional Anak Dalam Sikap Kemandirian yang didapat melalui angket. Indikator keberhasilan penelitian dengan ketuntasan belajar yaitu 76%  anak mencapai indikator.

Berdasarkan temuan dan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan Model PULPEN dengan dapat meningkatkan aktivitas guru, aktivitas siswa, dan hasil capaian Perkembangan Sosial Emosional Anak Dalam Sikap Kemandirian. Disarankan kepada guru Paud Aisyiyah Busthanul Athfal 6 Banjarmasin khususnya pada mengembangkan sikap kemandirian dengan mengoptimalkan penggunaan Model PULPEN.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI