DIGITAL LIBRARY



JUDUL:VARIASI BENTUK DAN FUNGSI MADIHIN
PENGARANG:AHMAD FAUZAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-12


Fauzan, Ahmad.  2021.  Variasi  Bentuk  dan  Fungsi  MadihinTesis. Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat, Banjarmasin. Pembimbing: (I) Dr. H. M. Rafiek, M.Pd.; (II) Dr. Sabhan, M.Pd.

Kata kuncivariasi bentukvariasi fungsiperkembangan bentuk, perkembangan fungsi, madihin

Madihin merupakan salah satu sastra lisan Banjar di Kalimantan Selatan. Menyangkut variasi bentuk dan fungsinya belum ada penelitian terdahulu. Tujuan penelitian ini ialah (1) mendeskripsikan variasi serta perkembangan bentuk madihin dan (2) mendeskripsikan variasi serta perkembangan fungsi madihin. Manfaat penelitian ialah (1) manfaat teoritis yang berkenaan menambah wawasan, sumber referensi, serta pengembangan ilmu terkait madihin dan (2) manfaat praktis yang berkenaan penggalian, pengenalan, serta pembinaan sastra lisan Banjar madihin.

Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dan denganmetode deskriptif. Sumber data penelitian ini ialah video rekamanmadihin dan informan. Teknik pengumpulan data menggunakan triangulasi, yakni observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah teknik analisis isiyang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan atau verifikasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama: a) bentuk madihin ialah (a) variasi bahasa meliputi: (1) madihin tradisional menggunakan bahasa Banjar dan bahasa Indonesia, (2) madihin dangdut menggunakan bahasa Banjar dan bahasa Indonesia, (3) madihin instagram menggunakan bahasa Banjar dan bahasa Indonesia, sebagian menggunakan bahasa asing, dan (4) madihin beatbox menggunakan bahasa Indonesia dan bahasa Banjar. Perkembangannya ialah ada penambahan bahasa Indonesia dan bahasa asing;(b) variasi pola sajak meliputi: (1) madihin tradisional berpola aa-aa dan ab-ab, (2) madihin dangdut berpola aa-aa dan ab-ab, (3) madihin instagram berpola aa-aa, dan (4) madihin beatbox berpola aa-aa. Perkembangannya mengarah ke bentuk yang lebih variatif; (c) variasi struktur penyajian meliputi: (1) madihin tradisional menggunakan struktur lengkap, (2) madihin dangdut menggunakantabi awal, manguran, penutup, danmamantun, (3) madihin instagram menggunakan manguran, dan (4) madihin beatbox menggunakan tabi awal, manguran, dan tabi akhir. Perkembangannya mengarah ke bentuk yang lebih variatif; kedua: b) variasi fungsi madihin ialah (a) madihin tradisional memuat fungsi hiburan atau humor, pendidikan, sindiran, dan dakwah Islam, (b) madihin dangdut memuat fungsi perkawinan, hiburan atau humor, pendidikan, sindiran, dan promosi (jasa hiburan), (c) madihin instagram memuat fungsi kampanye (lingkungan), promosi (produk, kampus, dan tempat wisata), sindiran, ucapan hari lahir, dan imbauan, serta (d) madihin beatbox memuat fungsi hiburan atau humor, solidaritas atau kemanusiaan, imbauan, kampanye (calon kepala daerah), pendidikan, dan sindiran. Perkembanganfungsi madihin meliputi: (a) imbauan, (b) kampanye (calon kepala daerahdan lingkungan), (c) promosi (jasa hiburan, kampus, produk, dan tempat wisata), dan (d) ucapan hari lahir.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI