DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH RETURN ON ASSET TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PENGUNGKAPAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY DAN KEPEMILIKAN MANAJERIAL SEBAGAI VARIABEL MODERATING
PENGARANG:Yuliana Wardani
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-12


Yuliana Wardani. 2021. PengaruhReturn OnAssetTerhadapNilaiPersusahaanDenganPengungkapanCorporate Social Responsibility Dan KepemilikanManajerialSebagaiVariabel Moderating.

 

Latar belakang masalah selama ini perusahan manufaktur kurang memperhatikan dengan baik dari nilai ROA yang dapat memberikan pengaruh pada nilai perusahaan dan juga pada pelaksanaan CSR perusahaan kepada masyarakat sehingga ini perlu diperhatikan agar masalah kepemilikan manajerial dijadikan dasar memajukkan perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah Untuk menguji dan menganalisis pengaruh ROA terhadap nilai perusahaan. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengungkapan CSR terhadap nilai perusahaan. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepemilikan manajerial terhadap nilai perusahaan. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh pengungkapan CSR dalam memoderasi ROA terhadap nilai perusahaan. Untuk menguji dan menganalisis pengaruh kepemilikanmanjerialdalam memoderasi ROA terhadap nilai perusahaan.

Desain penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif atau hypothetico-deductive bertujuan menjawab penelitian yang bersifat eksploratori, deskriptif, eksplanasi dan prediksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2015-2019 dengan jumlah populasi penelitian ini adalah 133 perusahaan dan sampel 72 perusahaan. Analisis data Analisis Regresi Linear Berganda, UjiSignifikansiKeseluruhandariRegresiSampel (UjiStatistik F), Ujisignifikansi parameter Individual (UjiStatistik t), AnalisisRegresiModerasi(Moderated Regression Analysis).

Hasil penelitian ROAberpengaruhpositif signifikanterhadapnilaiperusahaan. Pengungkapan CSR memiliki pengaruh positif signifikan terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan manajerial memiliki pengaruh negatif signifikan terhadap nilai perusahaan. Pengungkapan CSR memoderasi hubungan ROA terhadap nilai perusahaan. Kepemilikan manajerial berpengaruh negatif dalam memoderasi hubungan ROA terhadap nilai perusahaan.

 

 

v

Kata kunci: Return On Asset, NilaiPerusahaan, PengungkapanCorporate Social Responsibility, KepemilikanManajerial

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI