DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KESESUAIAN MATERI PEMBELAJARAN IPS KELAS IX SEMESTER II TENTANG MASA ORDE BARU 1966-1998 DENGAN KOMPETENSI DASAR
PENGARANG:SITI NURALIZA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-13


ABSTRAK

Siti Nuraliza. 2021. Analisis Kesesuaian Materi Pembelajaran IPS Kelas IX Semester II Tentang Masa Orde Baru Dengan Kompetensi Dasar Skripsi Program Studi Pendidikan IPS. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I: Dr. Herry Porda Nugroho Putro, M. Pd. dan pembimbing II: M. Rizky Noor Handy, M. Pd.

Materi pembelajaran Masa Orde Baru 1966-1998 pada buku teks kurikulum 2013 revisi 2018. Masalah dalam materi pembelajaran ini perlu adanya pengembangan materi pembelajaran, agar nantinya materi yang disampaikan beragam sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik yang sesuai dengan kompetensi dasar. kebutuhan peserta didik untuk mendapatkan materi terkait  masa orde baru 1996-1998 melalui pembelajaran IPS dengan  aspek pengetahuan dan keterampilan yang penting yang harus dimiliki peserta didik. Faktor keberhasilan dalam pembelajaran tidak lepas dari peran guru yang harus sesuai dengan cakupan ruang lingkup Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar. Materi yang sesuai dengan Kompetensi Dasar menjadi hal utama dalam tercapainya pembelajaran yang sesuai dengan materi IPS pada buku siswa kelas IX Semester II  revisi 2018.

Tujuan dari penelitian ini adalah 1). Menjelaskan mengenai deskripsi pembelajaran IPS materi Masa Orde Baru 1966-1998. 2) Menganalisis kesesuaian materi Masa Orde baru 1996-1998 dengan Kompetensi Dasar. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan melakukan analisis mencari data-data sebagai hasil penelitian yang bersumber dari buku, jurnal, dan pustaka lainnya yang relevan. Pencarian data dilakukan dengan menggunakan mesin pencarian seperti google scholar dan ebook dengan menggunakan kata kunci yang tepat.

Materi IPS pada buku siswa IPS kelas IX semester II membahas tentang Masa Orde Baru 1966-1998 terdapat tiga pembahasan. Materi yang tersaji yaitu perkembangan politik, perkembangan ekonomi dan kehidupan masyarakat masa orde baru. Berdasarkan ketiga pembahasan tersebut materi pembelajaran yang disajikan dalam buku memerlukan penambahan dan pengembangan, sebagai pembelajaran yang mampu merangsang daya pikir dan nalar peserta didik. pengembangan  materi pembelajaran dilakukan dengan menambah materi penggunakan reverensi lain sehingga sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan bagi peserta didik. Kompetensi Dasar merupakan kompetensi yang harus dimiliki olah peserta didik. materi pembelajaran yang tersaji sudah sesuai dengan kompetensi dasar 3.4 dan kompetensi dasar 4.4 sehingga materi tersebut layak untuk diajarkan kepada peserta didik.

 

Kata Kunci: Materi Pembelajaran, Masa Orde Baru, Kompetensi Dasar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI