DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH CASA, NPL, DAN VARIABEL MAKROEKONOMI TERHADAP KREDIT YANG DIBERIKAN BANK UMUM DI INDONESIA
PENGARANG:YULIANTO
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-15


Yulianto (2021), Pengaruh CASA, NPL dan variable makroekonomi terhadap kredit yang diberikan bank umum di Indonesia. Tesis. Program Magister Manajemen, Universitas Lambung Mangkurat,Banjarmasin.

 

Pembimbing: Meina Wulansari Yusniar

 

Kata Kunci : CASA, NPL, Suku bunga SBI, PDB dankredit

 

Perbankan memiliki peran yang strategis dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi dimana salah satunya adalah melalui pembiayaan atau kredit kepada masyarakat maupun sektor-sektor produktif.Terdapat faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kegiatan utama bank menyalurkan kredit kepada masyarakat, yaitu faktor dari internal maupun eksternal bank. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh CASA, NPL, suku bunga SBI dan PDB terhadap kredit yang diberikan bank umum di Indonesia

 

Penelitian ini merupakan penelitian kausalitas untuk mengetahui hubungan serta pengaruh antara dua variabel atau lebih. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh bank konvensional yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Perbankan yang memiliki variabel yang diperlukan dalam penelitian dengan sample sebanyak 8 bank yang diperoleh dengan metode purposive sampling dan rentang waktu penelitian selama 4 tahun pada tahun 2016 – 2019. Hipotesis penelitian diuji dengan mengunakan regresi linier berganda dengan program SPSS v25.

 

Hasil peneltian uji T menunjukan bahwa CASA berpengaruh positif dan signifikan terhadap jumlah penyaluran kredit, sedangkan NPL, suku bunga SBI dan PDB tidak berpengaruh terhadap jumlah kredit yang disalurkan oleh bank umum di Indonesia.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI