DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Analisis Isi Kualitatif Kualitas Berita Kekerasan Pada Akun Media Sosial Instagram @info­_banjarmasin.
PENGARANG:NUR MAULIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-15


Nur Maulida, D1C114044, 2021, Analisis Isi Kualitatif Kualitas Berita Kekerasan Pada Akun Media Sosial Instagram @info­_banjarmasin. Dibimbing oleh Noviana Sari, S.I.P., M.A. dan Achmad Bayu Chandrabuwono, S.Ikom, M.A.

Akun @info_banjarmasin adalah salah satu akun media sosial Instagram dan merupakan salah satu akun pemberitaan yang sangat konsistendan aktif dalam memberikan informasi berita. Selain itu, @info_banjarmasinselalu menyajikan berita akurat, tepat waktu, dan  relevan sekitar peristiwa yang terjadi di wilayah Kota Banjarmasin dan sekitarnya. Akun ini mempunyai followers yang cukup banyak, tidak mungkin berita yang disampaikan tidak akan dijadikan panutan sehingga apabila netizen ingin mengetahui berita teraktual dan terpecaya di instagram, maka akun berita yang diprioritaskan oleh netizen adalah akun @info_banjarmasin.

Tujuan penelitian mengetahui kualitas berita kekerasan pada akun media sosial Instagram @info_banjarmasin.

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Metode penulisan adalah studi literatur dan studi lapangan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap 15 berita akun Instagram @info_banjarmasin periode 01 September s/d 31 September Tahun 2019. Teknik analisa data menggunakan teknik coding dan analisis terhadap unsur 5W + 1H.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa akun media sosial Instagram @info_banjarmasin belum menerapkan syarat kualitas berita dan unsur 5W+1H kepada setiap berita kekerasan yang dipostingnya. Terdapat 8 berita kekerasan memenuhi syarat kualitas berita dan unsur 5W+1H, 2 berita kekerasan tidak memenuhi syarat kualitas berita atau unsur 5W+1H, dan 5 berita yang tidak memenuhi keduanya. Artinya dari beberapa aspek yang telah dinilai dapat dinyatakan pemberitaan dari akun Instagram @info_banjarmasin periode 01-31 September 2019 ini masih tidak kredibel dan kurang layak dikonsumsi.

Kata Kunci: Media sosial, berita kekerasan, kualitas berita.

.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI