DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENINGKATAN KETERAMPILAN LITERASI PRABACA MELALUI MODEL DIRECT INSTRUCTION DENGAN METODE BERCERITA DAN MEDIA BIGBOOK PADA ANAK KELOMPOK B TK MAWADDAH BANJARMASIN
PENGARANG:AULIA AZAZI RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-15


Rahmah, Aulia Azazi. 2021. Peningkatan Keterampilan Literasi Prabaca Melalui Model Direct Instruction Dengan Metode Bercerita Dan Media Bigbook Pada Anak Kelompok B TK Mawaddah BanjarmasinSkripsi Program Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing Chresty Anggreani, M.Pd. 

 

Kata Kunci: Peningkatan keterampilan literasi Prabaca, Model Direct Instruction, Metode Bercerita, Media Bigbook

 

Permasalahan pada penelitian ini yaitu dalam peningkatan keterampilan literasi prabaca pada anak kelompok B di TK Mawaddah Banjarmasin yang masih rendah. Salah satu upaya yang dilakukan yaitu menggunakan model direct instruction, metode bercerita dan media Bigbook. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil perkembangan. 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilakukan sebanyak 2 siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tiga pertemuan. Subjek penelitian adalah kelompok B TK Mawaddah sebanyak 8 anak. Indikator keberhasilan guru dikatakan berhasil apabila keterlaksanaannya mencapai kategori sangat baik, aktivitas anak dikatakan berhasil apabila mencapai kriteri aktif dan sangat aktif, dan hasil capaian perkembangan anak minimal mencapai ≥80% atau mendapat skor 3 dan 4.

Temuan ini menunjukkan aktivitas guru mengalami peningkatan mencapai kategori “sangat baik” dengan skor 28. Aktivitas anak mencapai persentase 100% kategori “sangat aktif”. Dan hasil perkembangan anak secara klasikal meningkat dari siklus 1 pertemuan 1 25% menjadi 100% anak sudah berkembang pada siklus 2 pertemuan 3.

Berdasarkan data yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa model direct instruction, metode bercerita dan media bigbook dapat meningkatkan keterampilan literasi prabaca pada anak kelompok B TK Mawaddah Banjarmasin dan berhasil memperbaiki kualitas guru, meningkatkan aktivitas anak, serta hasil perkembangan secara optimal. Disarankan penggunaan model direct instructionmetode bercerita dan media bigbook sebagai referensi pembelajaran efektif guna mewujudkan hasil peningkatan keterampilan literasi prabaca lebih baik. 

 

Kata Kunci: Peningkatan Keterampilan Literasi Prabaca, Model Direct InstructionMetode Bercerita, Media Bigbook

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI