DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT TERHADAP KEBUGARAN JASMANI RESIMEN MAHASISWA UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT DI ERA PANDEMI COVID 19
PENGARANG:SAYYID ABD. RAZZAK
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-15


 

ABSTRAK

 

Sayyid Abd. Razzak, NIM. 1710122310059. Hubungan perilaku hidup bersih dan sehat terhadap kebugaran jasmani resimen mahasiswa universitas lambung mangkurat. Skripsi, Prodi. Pendidikan Jasmani, Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing : (I) Dr. Sunarno Basuki Drs., M,Kes., IFO (II) Edwin Wahyu Dirgantoro, S.Or., M.Pd.

 

Perilaku hidup bersih dan sehat adalah perilaku kesehatan yang dilaksanakan dengan kesadaran agar anggota keluarga atau keluarga bisa merawat dirinya sendiri di bidang kesehatan dan memiliki peran yang aktif di kegiatan kesehatan di masyarakat. Kebugaran jasmani adalah kemampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari tanpa mengalami kelelahan yang berarti dan masih mempunyai sisa tenaga untuk melakukian aktifitas yang lainnya. Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan perilaku hidup bersih dan sehat terhadap kebugaran jasmani resimen mahasiswa universitas lambung mangkurat di era pandemi covid 19.

 

Penelitian ini termasuk dalam pnelitian deskriptif dengan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Anggota resimen mahasiswa di universitas lambung mangkurat. Pengambilan sampel menggunakan Quota sampling dengan jumlah sampel sebanyak 35anggotaaktif dari 52 anggota. Analisis data yang dipakai untuk penelitian ini adalah dengan uji Korelasi product moment dari Karl Pearson. Hasil dari penelitian inidiperoleh uji korelasi pearson product moment menunjukkan hasil perhitungan nilai r hit (0,652) > r tab  (0,334). Artinya  menunjukkkan adanya hubungan yang signifikan antara perilaku hidup bersih dan sehat terhadap kebugaran jasmani. Dari koefesiensi korelasi didapat nilai antara 0,40-0,70 yang berarti adanya hubungan yang cukup berarti antara perilaku hidup bersih dan sehat terhadap kebugaran jasmani anggota aktif resimen mahasiswa universitas lambung mangkurat di era pandemi covid 19.

 

Hasil hipotesis dalam penelitian ini adalah ada hubungan perilaku hidup bersih dan sehat terhadap kebugaran jasmani resimen mahasiswa universitas lambung mangkurat resimen mahasiswa universitas lambung mangkurat di era pandemi covid 19.

 

Kata kunci : Perilaku hidup bersih dan sehat, Kebugaran Jasmani

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI