DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH ZONE TEMPAT TUMBUH TERHADAP PRODUKSI NIRA NIPAH (Nypa fruticans) DI DESA PEMURUS KECAMATAN ALUH-ALUH KABUPATEN BANJAR
PENGARANG:MEGAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-15


Tumbuhan Nipah di Desa Pemurus Kecamatan Aluh-aluh Kabupaten Banjar tumbuh tersebar di sepanjang sungai, sampai saat ini masyakarat yang hidup disekitar kawasan tersebut hanya memanfaatkan nipah sebatas daun untuk dijadikan atap rumah dan dinding rumah (kajang), sedangkan buah, akar, pelepah nipah dan nira belum pernah dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat.

Penelitianinidilaksanakandi Desa Pemurus Kecamatan Aluh-aluh Kabupaten Banjar. Metode yang digunakanyaitu membedakan produksi nira nipah berdasarkan zone (tempat tumbuh). Analisis data yang digunakan yaitu RAL (Rancangan Acak Lengkap) sederhana.

 

 

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa rata-rata produksi nira nipah yang diperoleh dari tiga perlakuan yaitu perlakuan (A) terendam air 0,592 liter/malai/periode penyadapan, perlakuan (B) kadang terendam 0,463 liter/malai/periode penyadapan dan perlakuan (C) 0,414 liter/malai/periode penyadapan. Analisis sidik ragam yang menunjukan bahwa perlakuan tidak berpengaruh nyata terhadap produksi nira nipah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI