DIGITAL LIBRARY



JUDUL:MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF DALAM MENCOCOKAN ANGKA DENGAN LAMBANG BILANGAN PADA ANAK TK MENGGUNAKAN MODEL MATAMU
PENGARANG:NIA MOLECA SAPUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-16


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini adalah masih belum berkembangnya kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep lambang bilangan. dibuktikan dari penilaian perkembangan peserta didik sekitar 25% anak berhasil mengenal konsep lambang bilangan dan 75% yang belum berhasil.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas guru, aktivitas anak, motivasi, dan aspek kognitif dengan menggunakan model MATAMU. Jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui tahapan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan permainan dan observasi terhadap anak kelompok B TK Islam Al-Muhajirin Banjarmasin yang berjumlah 9 anak. Penelitian menunjukkan adanya peningkatan pengembangan aspek kognitif dalam mengenal konsep dan lambang bilangan dengan menggunakan model MATAMU aktivitas guru memperoleh skor 26 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas anak memperoleh skor 88,9% dengan kriteria sangat aktif. Motivasi anak memperoleh skor 88.9% dengan kriteria sangat tinggi dan hasil pengembangan aspek kognitif anak mencapai ketuntasan klasikal yang diharapkan yaitu 77,7% atau masuk kriteria berkembang sesuai harapan.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI