DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH BEBAN KERJA DAN DUKUNGAN SOSIAL TERHADAP STRES KERJA GURU SD ISLAM TERPADU UKHUWAH BANJARMASIN
PENGARANG:ANNISA FITRIANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-16


 

ABSTRAKSI

 

 

 

Annisa Fitriana (2021). Pengaruh Beban Kerja dan Dukungan Sosial terhadap Stres Kerja Guru SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Pembimbing: Dahniar

 

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis: 1) pengaruh beban kerja dan dukungan sosial secara simultan terhadap stres kerja guru SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin; 2) pengaruh beban kerja terhadap stres kerja guru SD islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin; 3) pengaruh dukungan sosial terhadap stres kerja guru SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Responden penelitian ini adalah 73 guru SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin. Teknik sampling yang digunakan adalah sampel jenuh. Teknik pengumpulan data dengan kuisioner. Alat analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan aplikasi program software SPSS.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh beban kerja dan dukungan sosial secara simultan berpengaruh signifikan terhadap stres kerja guru. Secara parsial beban kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap stres kerja, kemudian dukungan sosial berpengaruh negatif dan signifikan terhadap stres kerja guru. Oleh karena itu, apabila beban kerja meningkat maka semakin meningkat stres kerja dan apabila dukungan sosial meningkat maka stres kerja akan menurun. Implikasi Penelitian ini agar SD Islam Terpadu Ukhuwah Banjarmasin lebih memperhatikan terhadap beban kerja guru dan dukungan sosial. Jika stres kerja guru dikelola dengan baik, maka dapat mengurangi gejala–gejala stres yang muncul.

 

 

 

Kata Kunci: Beban Kerja, Dukungan Sosial, Stres Kerja

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI