DIGITAL LIBRARY
JUDUL | : | AKTIVITAS SOSIAL MASYARAKAT DI KAWASAN LAPANGAN MURJANI SEBAGAI SUMBER BELAJAR IPS | |
PENGARANG | : | SRI WAHYUNI | |
PENERBIT | : | UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT | |
TANGGAL | : | 2021-11-16 |
Sri Wahyuni, 2021. Aktivitas Sosial Masyarakat di Kawasan Lapangan Murjani Sebagai Sumber Belajar IPS. Skripsi Program Studi Pendidikan IPS, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : (1) Mahmudah Hasanah, M.Pd (2) Jumriani, M.Pd
Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dalam proses belajar mengajar IPS sangat penting, karena lingkungan (fisik, sosial dan budaya) merupakan sumber yang sangat kaya akan untuk bahan ajar peserta didik. Pada suatu ruang publik terdapat berbagai aktivitas masyarakat yang berupa aktivitas. Berkaitan dengan konsep pembelajaran IPS maka aktivitas - aktivitas di ruang publik dapat dijadikan sebagai sumber belajar. Adanya ruang publik tempat atau area dimana suatu masyarakat atau komunitas dapat berkumpul sehinggadapat dikaitkan sebagai sumber belajar terdapat aktivitas masyarakat. Penelitian ini terkait aktivitas sosial Masyarakat di Lapangan Murjani dalam penelitian ini bertujuan mengetahui : (1) Mengetahui kondisi objektif Lapangan Murjani sebagai ruang publik di Kota Banjarbaru, (2) Mengetahui bentuk aktivitas sosial masyarakat di Lapangan Murjani di Kota Banjarbaru (3) Mengetahui keterkaitan aktivitas sosial masyarakat di lapangan Murjani dijadikan sebagai sumber belajar IPS. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini menjelaskan suatu fenomena dengan sedalam-dalamnya dengan cara pengumpulan data yang menunjukkan pentingnya dan detail suatu data yang diteliti. Instrumen penelitian yaitu peneliti sendiri. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dimulai dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Perpanjangan pengamatan dilakukan untuk melengkapi data yang masih kurang lengkap. Hasil penelitian dalam tiga bagian yakni (1) kondisi objektif Lapangan Murjani ruang publik yang menjadi titik pusat kota. Ruang publik ini berupa Lapangan dan menjadi tempat aktivitas masyarakat Banjarbaru. Lapangan Murjani adalah sebuah nama lapangan yang didasarkan pada nama seorang Gubernur Kalimantan yaitu Dr.Murdjani. Lapangan dengan multi fungsi kadang dijadikan sebagai tempat upacara, balap roadrace, pameran Banjarbaru Fair, dan pameran Book Fair. (2) bentuk aktivitas sosial masyarakat di Lapangan Murjani yaitu ada aktivitas sosial, aktivitas ekonomi, dan aktivitas pemerintah. (3) keterkaitan aktivitas sosial masyarakat di lapangan Murjani dijadikan sebagai sumber belajar IPS dengan materi interaksi sosial, dan lembaga sosial dengan sub materi jenis dan fungsi lembaga sosial, dan materi aktivitas manusia dalam memenuhi kebutuhan dengan sub materi kegiatan ekonomi.Bagi guru IPS di harapkan agar bisa menyiapkan proses pembelajaran kontekstual atau memasukkan pembelajaran IPS dengan sumber belajar kearifan lokal yaitu aktivitas sosial masyarakat di kawasan Lapangan Murjani sebagai sumber belajar IPS.
Kata Kunci : Aktivitas Masyarakat, Lapangan Murjani, Sumber Belajar IPS
NO | DOWNLOAD LINK |
1 | FILE 1 |
File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI