DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERILAKU ORGANISASI DALAM PENANAMAN NILAI RELIGIUS PADA MAHASISWA ANGGOTA UNIT KEROHANIAN MAHASISWA MUSLIM (UKMM) UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
PENGARANG:KHALIDIN NUR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-17


ABSTRAK

 

Khalidin Nur. 2021. Perilaku Organisasi Unit Kerohanian Mahasiswa Muslim dalam Penanaman Nilai Religius pada Mahasiswa di Universitas Lambung Mangkurat. Skripsi Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat Pembimbing (I) Yusuf Hidayat, Pembimbing (II) Reski P.

 

Kata Kunci: Organisasi, Pembinaan, Nilai Religius, Dampak.

 

Di Universitas Lambung Mangkurat terdapat berbagai UKM yang dapat diikuti oleh mahasiswa, salah satunya yaitu Unit Kerohanian Mahasiswa Muslim (UKMM) yang melaksanakan pembinaan organisasi dalam penanaman nilai Religius. Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) Pembinaan organisasi Unit Kerohanian Mahasiswa Muslim (UKMM); (2) Mengetahui faktor penyebab anggota Unit Kerohanian Mahasiswa Muslim (UKMM) mengikuti pembinaan organisasi; (3) Menjelaskan dampak mengikuti pembinaan organisasi pada kehidupan keseharian mahasiswa anggota Unit Kerohanian Mahasiswa Muslim (UKMM).

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Telah dilaksanakan di Universitas Lambung Mangkurat, serta telah dipilih sebanyak tujuh orang anggota Unit Kerohanian Mahasiswa Muslim (UKMM) sebagai informan yang di tentukan secara Purposive Sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan wawancara. Analisis hasil penelitian dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) bentuk pembinaan organisasi Unit Kerohanian Mahasiswa Muslim (UKMM), yaitu (a) kegiatan personal (tahsin, malam bina iman dan taqwa) dan (b) kegiatan kelompok (mentoring/liqo, habsyi, kajian rutin); (2) Faktor-Faktor anggota Unit Kerohanian Mahasiswa Muslim (UKMM) mengikuti pembinaan organisasi terbagi menjadi (a) faktor internal (Kesadaran diri, semangat) dan (b) faktor eksternal (kakak senior, teman dekat); (3) dampak mengikuti pembinaan organisasi pada kehidupan keseharian mahasiswa anggota Unit Kerohanian Mahasiswa Muslim (UKMM) yaitu (a) diri sendiri (peningkatan pelaksanaan ibadah, peningkatan perilaku menjadi lebih baik) dan (b) Hubungan sosial (lebih dihormati oleh teman-temannya, lebih dikhawatirkan oleh temannya dikampus )

Berdasarkan hasil penelitian, disarankan kepada: (1) bagi mahasiswa anggota UKMM, terus menimba ilmu agama dimana pun dan kapan pun. (2) bagi pembinaan organisasi UKMM, untuk ditingkatkan lagi performanya karena pembinaan organisasi di UKMM berorientasi pada pembinaan dalam hal agama bagi mahasiswa muslim. 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI