DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KUALITAS AIR SUMUR POMPA TANGAN SEBAGAI SUMBER AIR BERSIH DI DESA GANDARIA KECAMATAN ANJIR PASAR KABUPATEN BARITO KUALA
PENGARANG:HARTI WAHYUNI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-18


Air adalah kebutuhan penting bagi kehidupan makhluk hidup yang ada dibumi. Seiring dengan perkembangan manusia dipermukaan Bumi berdampak pada pembangunan sarana penyediaan air bersih, namun hal tersebut tidak menjamin kualitas air yang dihasilkan selalu baik dan memenuhi syarat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Kualitas air sumur pompa tangan yang ada di Desa Gandaria Kecamatan Anjir Pasar dilihat dari segi Parameter Fisika yang terdiri dari Kekeruhan, warna, zat padat terlarut, suhu, rasa, dan bau, Serta Patameter kimia yaitu pH, Besi, Nitrat, Nitrit, dan detergen sebagai sumber air bersih serta kekesuaiannya terhadap Permenkes RI No.32 Tahun 2017 tentang Standar baku mutu kesehatan lingkungan dan persyaratankesehatan air untuk keperluan higiene sanitasi.

Metode pengumpulan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik purpose Sampling yaitu pengambilan sampel dengan mempertimbangkan kawasan penentuan titik sampel dengan tujuan tertentu. Jumlah Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 12 titik sampel yang terdiri dari 12 titik sumur pompa tangan.

Hasil  penelitian yang di lakukan peneliti menunjukkan bahwa dari 11 Parameter Fisika dan Parameter Kimia yang Di Uji langsung di lapangan maupun melalui Uji Laboratorium, terdapat 3 Parameter yang tidak memenuhi standar Baku mutu air untuk keperluan Higiene Sanitasi Menurut Permenkes RI No. 32 Tahun 2017. Parameter yang tidak memenui standar tersebut adalah Parameter Rasa dan Total Padatan Terlarut untuk Sifat Fisika Air dan Paramater Detergen Untuk Sifat Kimia Air.

 

 

Kata kunci : Kualitas air, Sumur Pompa tangan, Higiene sanitasi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI