DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MEREDUKSI INTERAKSI PARASOSIAL MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK COGNITIVE DISPUTATION DI MASA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA KELAS X SMAN 12 BANJARMASIN
PENGARANG:ELOK DAMAI NURANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-18


Kemudahan mencari informasi mengenai public figure memicu timbulnya perasaan keterhubungan serta interaksi satu arah antara penggemar terhadap public figure idolanya disebut sebagai interaksi parasosial yang memiliki dampak positif dan negatif. Melalui layanan bimbingan kelompok mengunakan teknik cognitive disputation diharapkan mampu mereduksi interaksi parasosial negatif pada siswa kelas X SMA Negeri 12 Banjarmasin selama masa pandemi covid-19. Penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK) adalah jenis penelitian di sini dengan menerapkan metode kualitatif. Tiap-tiap siklus mencakup tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian bertempat di SMA Negeri 12 Banjarmasin. sampel diperoleh dengan menerapkan purposive sampling, didapatkan sampel kelas X berjumlah 4 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada setiap pertemuan. Aktivitas peneliti memperoleh kategori “baik”, Aktivitas siswa mencapai kategori “aktif”, sehingga hasil pereduksian interaksi parasosial siswa di setiap siklus menjalani eskalasi mencapai kategori “berhasil”. Kesimpulan dari hasil tersebut ialah terjadi peningkatan skor pereduksian interaksi parasosial lewat layanan bimbingan kelompok dengan menerapkan teknik cognitive disputation.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI