DIGITAL LIBRARY



JUDUL: PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
PENGARANG:Erina Aryantini
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-18


ABSTRAK

Abstrak. Pembelajaran  yang inovatif dan  menyenangkan dapat  diwujudkan melalui  berbagai  cara, salah  satunya  dengan  menggunakan  media  yang  relevan  dan  menarik.Oleh karena itu, diperlukan bahan ajar yang dapat melengkapi penggunaan bahan ajar tersebut, seperti Lembar Kerja Peserta Didik  (LKPD) berbasis kontekstual. LKPD yang dimaksud diharapkan menjadi bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa, praktis karena mudah digunakan dalam pembelajaran, dan efektif dalam mendukung kegiatan pembelajaran.. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD materi peluang dengan pendekatan kontekstual di kelas VIII Sekolah Menengah Pertama yang valid. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari tahap investigasi awal, tahap perancangan, tahap realisasi/konstruksi, tahap tes, evaluasi, dan revisi. Pada tahap tes, evaluasi, dan revisi dilakukan uji validitas oleh empat validator. Pada tahap terakhir yaitu implementasi tidak dapat dilakukan karena adanya pandemi di tahun 2020 ini.Pengembang LKPD ini dilakukan dengan 4 validator serta rata-rata kevalidan dari seluruh aspek yang dinilai sebesar 3,405 dengan kategori valid. Hasil uji validitas terhadap LKPD yang dikembangkan menunjukkan LKPD memenuhi kriteria valid. Sehingga, dihasilkan LKPD dengan pendekatan kontekstual pada materi peluang kelas VIII Sekolah Menengah Pertama yang valid.

 

Kata kunci: pengembangan, lembar kerja peserta didik,  Komunikasi Matematis, kontekstual.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI