DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PEMETAAN TINGKAT KERENTANAN LONGSOR KECAMATAN PADANG BATUNG KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN
PENGARANG:NOVAL PANDANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-18


Judul dalam penelitian ini adalah “Pemetaan Tingkat Kerentanan Longosor Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan” Penelitian ini dilatar belakangi oleh bencana alam berupa tanah longsor yang sering terjadi di daerah dengan keadaan tofografi seperti di daerah Kecamatan Padang Batung. Pemetaan Longsor dilakukan dengan cara pemetaan extraterrestrial yaitu pemetaan dengan menggunakan teknik pengindraan jauh atau yang juga dikenal dengan sebutan remote sensing. Data pengindraan jauh yang digunakan dalam penelitian ini adalah citra sentinel 2A, citra satelit TRMM, data elevasi dari DEMNAS, dan peta jenis tanah dari pusat penelitian tanah dan agroklimat (puslittanak) yang kemudian diubah kedalam bentuk digital.

Pengolahan data digital menggunakan software ArcGIS dengan menggabungkan dan menganalisis data yang diperoleh menggunakan teknik analisis data weighted overlay, yaitu teknik tumpangsusun peta dengan mempertimbangkan bobot atau berat masing-masing variabel yang digunakan untuk mengukur tingkat kerentanan longsor, variabel yang digunakan yaitu: 1) Curah Hujan, 2) Jenis Tanah, 3) Kemiringan Lereng, 4) Tutupan Lahan, 5) Tingkat Kerapatan Vegetasi.

Hasil penelitian disajikan dalam bentuk peta, kemudian dilakukan pengukuran keakuratannya dengan metode survey lapangan atau validasi map to survey, hasil survey lapangan dihitung menggunakan confusion matrix dan memperoleh hasil tingkat keakuratan 85.714%. Tingkat kerentanan longsor di Kecamatan Padang Batung dibagi menjadi 5 tingkat kerentanan yaitu: 1) Tingkat Kerentanan Longsor Sangat Rendah, 2) Tingkat Kerentanan Longsor Rendah, 3) Tingkat Kerentanan Longsor Sedang, 4) Tingkat Kerentanan Longsor Tinggi, dan 5) Tingkat Kerentanan Longsor Sangat Tinggi. Luas Kecamatan Padang Batung adalah 201 km  berdasarkan hasil pemetaan yang dilakukan diketahui bahwa seluas 32km2 berada di tingkat kerentanan sangat rendah, 81km2 berada ditingkat kerentanan rendah, 74km2 berada ditingkat kerentanan sedang, 21km2 berada ditingkat kerentanan tinggi dan 0,269km2 atau 269m2berada ditingkat kerentanan sangat tinggi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI