DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Muatan IPA Menggunakan Model Pembelajaran MIDETA Di Kelas V SDN Pulau Sugara
PENGARANG:SALMA NISRINA FITRIANINGSIH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-18


Kegiatan siswa dalam hal pembelajaran belum cukup untuk memberikan siswa pemahaman terhadap pelajaran yang diberikan. Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Hal tersebut disebabkan aktivitas siswa masih rendah, siswa kurang memahami materi yang dipelajari, sistem pembelajaran yang monoton sehingga membuat siswa merasa bosan dan kurang minat dalam pembelajaran IPA. Upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran MIDETA dalam pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk melakukan analisis dalam hal memperbaiki kualitas pada aktivitas guru, aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan dengan pelaksanaannya pada empat kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan kepada sepuluh orang siswa yang terdiri dari 3 orang siswa perempuan dan tujuh orang siswa laki-laki, pada semester genap tahun ajaran 2020/2021. Pendekatan kualitatif dan kuantitatif digunakan dalam penelitian ini dimana data yang diperoleh merupakan data kualitatif berdasarkan observasi terhadap aktivitas guru dan siswa kemudian untuk hasil belajar diperoleh melalui data kuantitatif melalui evaluasi tertulis dalam kelompok dan secara mandiri. Hasil dari penelitian ini memberikan gambaran bahwa aktivitas guru pada pertemuan IV lebih baik dari pertemuan I dimana skor yang didapatkan pada pertemuan IV sebesar 38 dengan kriteria “sangat baik”. Begitu pula dengan aktivitas siswa yang pada pertemuan I digolongkan kedalam kriteria kurang aktif, namun saat pertemuan IV kemudian tergolong ke dalam kelompok sangat aktif. Dalam hasil belajar siswa sendiri memberikan peningkatan yang signifikan setiap pertemuannya, dimana pada pertemuan IV diperoleh ketuntasan 100%. Dari hasil penelitian ini diperoleh dan dapat disimpulkan bahwa metode yang digunakan dengan model MIDETAdapat memberikan peningkatan yang sangat baik kepada ketiga indikator yang menjadi fokus pembahasan pada peneltian ini, yaitu aktivitas guru, siswa dan hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI