DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA SEKOLAH, BUDAYA KERJA, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI se – KOTA BANJARBARU
PENGARANG:DERMAWAN SIRAIT
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-19


 

ABSTRAK

 

 Dermawan Sirait. 2021. Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Budaya Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Guru di SMA Negeri se-Kota Banjarbaru. Tesis. Program Magister Administrasi Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing:(1)Prof.Drs. Ahmad Suriansyah, M.Pd., Ph.D (2) Drs. Ngadimun, MM.

 

 Kata Kunci: Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah, Budaya Kerja, Lingkungan Kerja, Kinerja Guru

 

 Pendidikan mempunyai peran sangat penting dalam suatu bangsa dan Negara, karena dengan adanya pendidikan dapat meningkatkan mutu dan kualitas sumber daya manusia. Guru merupakan kompenen utama yang sangat menentukan terjadinya proses pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu kinerja guru menjadi aspek utama yang menjadi perhatian semua orang. Dalam hal tersebut kepala sekolah memilioki peranan penting sebagai ujung tombak untuk meningkatkan kinerja guru. Hal ini dapat dilakukan melalui kepemimpinannya yang dapat menciptakan budaya kerja yang kondusif dan menciptakan lingkungan kereja yang baik.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis: (1) Perilaku kepemimpinan transformasional kepala sekolah, budaya kerja, lingkungan kerja dan kinerja guru; (2) pengaruh kepemimpinan transformasional dengan budaya kerja; (3) pengaruh kepemimpinan transformasional dengan lingkungan kerja; (4) pengaruh kepemimpinan transformasional  dengan kinerja guru; (5) pengaruh budaya kerja dengan kinerja guru; (6) pengaruh lingkungan kerja dengan kinerja guru; (7) pengaruh kepemimpinan transformasional dengan kinerja guru melalui budaya kerja; (8) pengaruh kepemimpinan transformasional dengan kinerja guru melalui lingkungan kerja.

 

Penelitian ini menggunakan metode penelitian desktriptif-kuantitatif. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 115 orang guru. Instrumen pengumpulan data yaitu angket yang telah memenuhi syarat uji validitas dan reabilitas. Analisis data untuk menguji hipotesis menggunakan analisis jalur (path analysis).

 

Berdasrkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa terdapat hubungan langsung: (1) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan budaya kerja sebesar 0.832, (2) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan lingkungan kerja sebesar 0.957, (3) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru sebesar 0.847, (4) budaya kerja dengan kinerja guru sebesar 0.752, (5) lingkungan kerja dengan kinerja guru sebesar 0.798, (6) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru melalui budaya kerja sebesar 0.626, (7) kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan kinerja guru melalui lingkungan kerja sebesar 0.762.

 

Kesimpulan dari hasil penelitian adalah terdapat pengaruh kepemimpinan transformasional kepala sekolah, budaya kerja dan lingkungan kerja dengan kinerja guru SMA Negeri se-Kota Banjarbaru. Disarankan  bagi kepala sekolah untuk mengoptimalkan peran kepemimpinan melalui kepemimpinan transformasional guna peningkatan budaya kerja, lingkungan kerja serta kinerja guru. Bagi guru diharapakan untuk selalu meningkatkan kinerjanya terutama dalam proses belajar mengajar.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI