DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Hubungan Kompetensi Interpersonal dan Kerja Sama dengan Self Verification Pada Siswa Kelas VIII MTs Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin
PENGARANG:UMI HUZAIMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-19


SiswadiMTsMuhammadiyah3Al-FurqanBanjarmasinmemilikikebiasaan dalam bergaul dengan teman sekolahnya, yaitu memberikan pendapatmengenai sikap serta kebiasaan yang dilakukan temannya yang lain atau dikenalsebagai selfverification.Kebiasaan ini terjadi karena siswa seringmelakukankerjasamasehinggamembangunkemampuankompetensiinterpersonalnya.Maka,penelitianinibertujuanuntukmengetahuihubungankompetensiinterpersonaldankerjasamadenganselfverificationpadasiswaMTsMuhammadiyah3Al-FurqanBanjarmasin.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitiankorelasi.PenelitianinibertempatdiMTsMuhammadiyah3Al-FurqanBanjarmasindenganalatpengumpulandataangket.Jumlahpopulasinyasebanyak

287. Peneliti mengambil teknik penarikan sampel yaitu sampel jenuh, sehinggadidapatkan 287 sampel. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu, terdapat hubungansignifikansebesar0,000<0,05danFtabel27,816>Fhitung3,03.Maka(Ha)diterima,bahwa ada hubungan antara kompetensiinterpersonal dan kerja samadenganselfverificationpadasiswaMTsMuhammadiyah3Al-FurqanBanjarmasin.

Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, kompetensi interpersonal dan kerjasama memiliki hubungan signifikan dengan self verification. Selanjutnya, penelitimenyarankan guru BK untuk memberikan layanan BK dengan tema kompetensiinterpersonal,kerjsasamadanselfverificationuntukmembantusiswamengembangkan kemampuan tersebut. Kemudian, untuk siswa diharapkan dapatmeningkatkan kemampuan tersebutagardapat membantu temannyayanglainuntukmemilikikemampuantersebut.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI