DIGITAL LIBRARY



JUDUL:STUDI TENTANG FAKTOR KETERLAMBATAN DALAM PENYELESAIAN SKRIPSI PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI FKIP ULM
PENGARANG:ARIS YULIA SAPUTRA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-20


Abstrak: Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh kemampuan menulis karya ilmiah dan tersedianya sumber belajar terhadap penyelesaian skripsi pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP ULM angkatan 2012-2015. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif melalu teknik survey dengan melibatkan 114 mahasiswa sebagai subjek penelitian yang terdiri dari 58 mahasiswa yang lulus dan 56 mahasiswa aktif. Teknik pengumpulan data dengan cara menggunakan kuesioner atau angket. Untuk menganalisis datanya penelitian ini menggunakan analisis korelasi Product Moment. Hasil penelitiannya memperlihatkan bahwasannya ada 81 mahasiswa (71,05%) mempunyai kecenderungan kemampuan kategori sedang dalam penulisan karya tulis ilmiah. Sementara itu terdapat 57 mahasiswa (50%) memiliki kecenderungan kategori kurang terpenuhi tersedianya sumber belajar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan untuk mahasiswa agar bisa; (a) belajar serta berlatih demi memperbaiki kemampuan menyusun karya tulis ilmiah dengan baik, melalui ikut serta berbagai aktivitas kelimuan misalnya ikut lomba menulis essai, menulis PKM, Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI), atau mengikuti seminar serta diskusi ilmiah; (b) berupaya memanfaatkan serta mencari berbagai fasilitas yang telah tersedia seoptimal mungkin, misalnya, akses ke jurnal elektronik gratis, perpustakaan, serta wifi yang telah difasilitiasi oleh pihak kampus.

 

Kata Kunci : Kemampuan Menulis Karya Ilmiah, Tersedia Sumber Belajar, Penyelesaian Skripsi, Mahasiswa

 

Abstract: This study aims to determine the effect of the ability to write scientific papers and the availability of learning resources on the completion of theses for students of the 2012-2015 FKIP ULM Economic Education Study Program. The method used in this research is descriptive quantitative with survey methods. The research subjects used 114 students consisting of 58 graduating students and 56 active students. Data collection techniques by using a questionnaire or questionnaire. The data analysis technique used in this study is Product Moment correlation analysis. The results showed that the tendency of the ability to write scientific papers in the medium category was 81 students (71.05%). While the tendency of the availability of learning resources shows that the category is less fulfilled, namely as many as 57 students (50%). Based on the research results, it can be suggested for students to do so; (a) learning and training oneself to improve the ability to write good scientific papers, by participating in scientific activities such as scientific discussions, seminars, and trying to take part in Scientific Writing Contest (LKTI), writing PKM, essay competitions and so on; (b) trying to find and make optimal use of existing facilities, such as campus wifi access, libraries, and free electronic journal access provided by the campus.


Keywords: Scientific Writing Ability, Learning Resources Available, Essay Completion

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI