DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS KOMPETENSI GURU DI PAUD TERPADU SHABWA AMANAH DAN PAUD TERPADU ALFALAH KOTA BANJARBARU
PENGARANG:Siti Aisyah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-21


 

 

ABSTRAK

 

Aisyah, Siti. 2021. Analisis Kompetensi Guru di PAUD Terpadu Shabwa Amanah dan PAUD Terpadu Alfalah Kota Banjarbaru. Tesis. Program Magister Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Wahyu, MS (II) Dr. Noorhapizah, ST., M.Pd.

 

Kata Kunci: Analisis, Kompetensi, Guru.

 

Dalam dunia pendidikan banyak variabel yang berperan untuk dapat  mencapai tujuan pendidikan di antaranya tenaga pendidik yaitu guru, karena guru adalah orang yang bertanggung jawab dalam mengajar, mendidik, membimbing, membuat rencana pembelajaran, menata dan mengelola kelas, guru sebagai supervisor, motivator dan sebagai evaluator. Peran guru di masyarakat juga mendapat perhatian yang luas dari masyarakat, hal ini menuntut dedikasi yang tinggi bagi orang yang memiliki profesi sebagai guru. Untuk melakukan peranan guru tersebut seorang guru haruslah memiliki kompetensi guru agar dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya secara profesional. Kunci keberhasilan seseorang dalam bekerja yaitu seseorang yang memiliki kompetensi.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional guru serta untuk mengetahui perbedaan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional guru  di PAUD Terpadu Shabwa Amanah dan PAUD Terpadu Alfalah berdasarkan latar belakang pendidikan.

 

Penelitian ini menggunakan pendekatan secara kuantitatif dengan metode deskriptif. Sampel penelitian ini adalah seluruh guru PAUD Terpadu Shabwa Amanah dan PAUD Terpadu Alfalah yang berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner).Teknik analisis data  menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan persentase. Uji beda (t-test) menggunakan teknik uji independen sample t test.

 

Hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional guru termasuk kategori baik. (2) Tidak terdapat perbedaan kompetensi pedagogik, kepribadian guru di PAUD Terpadu Shabwa Amanah (3) Terdapat perbedaan kompetensi pedagogik, kepribadian  guru di PAUD Terpadu Alfalah (4) Terdapat perbedaan kompetensi sosial, profesional di PAUD Terpadu Shabwa Amanah dan PAUD Terpadu Alfalah berdasarkan latar belakang pendidikan.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru agar dapat mempertahankan kompetensi yang sudah dimiliki serta selalu membuka diri terhadap pengetahuan dan wawasan baru serta berupaya mengembangkan diri dan meningkatkan kualitas pendidikan.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI