DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI STREAMING MUSIK SPOTIFY TERHADAP KEPUASAN MENDENGARKAN MUSIK (Studi Pada Mahasiswa Aktif Universitas Lambung Mangkurat)
PENGARANG:NOVIANI RAHMIDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-22


ABSTRAK

 

               Noviani Rahmida, 1610414320027, 2021. Pengaruh Penggunaan Aplikasi Streaming Musik Spotify Terhadap Kepuasan Mendengarkan Musik (Studi Pada Mahasiswa Aktif Universitas Lambung Mangkurat). Dibimbing oleh Fahrianoor dan Noviana Sari.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat penggunaan dan kepuasan aplikasi streaming musik Spotify dan untuk mengetahui ada tidak pengaruh penggunaan aplikasi steraming musik Spotify dengan kepuasan mahasiswa Universitas Lambung Mangkurat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan tipe penelitian eksplanatif. Sampel yang diambil sebanyak 342 mahasiswa aktif Universitas Lambung Mangkurat sebagai populasi dengan teknik pengambilan sampel menggunakan metode Sampling Purposif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah deskripsi data dan menggunakan Regresi Linear Sederhana dengan taraf kesalahan 5%.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa puas kepada aplikasi streaming musik Spotify. Hasil dari nilai rata-rata jumlah skor GS (Gratification Sought)  dibandingkan dengan nilai jumlah rata-rata (Gratification Obtained), skor GO lebih besar dibandingkan GS dengan kesenjangan sebesar 1,19. Artinya kepuasan yang diperoleh lebih besar daripada kepuasan yang diharapkan. Hasil dari pengujian hipotesis didapat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai t hitung > t tabel (11.358 > 1.649) dan Fhitung > Ftabel (129.010 > 3.89) serta Nilai R Square tingkat hubungan dalam penelitian ini termasuk dalam kategori rendah yaitu sebesar 0,275 atau 27,5%, sedangkan sisanya 72,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar persamaan regresi ini atau variabel yang tidak diteliti.

   

Kata kunci : Spotify, Kepuasan, Gratification Sought, Gratification Obtained

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI