DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA Negeri Daerah Pesisir di Kabupaten Tanah Bumbu
PENGARANG:AKHMAD WAHDANI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-22


 

AKHMAD  WAHDANI, NIM.1610122210007, Survei Sarana dan Prasarana Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah SMA Negeri Daerah Pesisir di Kabupaten Tanah Bumbu. Skripsi Jurusan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) Drs. Abd. Hamid, M,Pd. (II) Akhmad Amirudin S.Pd, M.Pd.

 

Proses pembelajaran dipengaruhi oleh ketersediaan sarana dan prasarana, apabila sarana dan prasarana lengkap maka akan menunjang kesuksesan saat pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perlengkapan sarana dan prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan yang berupa keberadaan, jumlah, perkakas, fasilitas pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan Sekolah SMA Negeri 1 Kusan Hilir dan Sekolah SMA Negeri 1 Sungai Loban.

     Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian survei. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan dokumentasi. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini berupa metode purposive sampling. Populasi penelitian ini yaitu Sekolah SMA Negeri daerah pesisir di Kabupaten Tanah Bumbu ada 10 sekolah, sedangkan Sampel penelitian ini ada 2 sekolah, karena dipilih 2 sekolah yaitu mendekati darah pesisir, nama 2 dari sekolah yaitu Sekolah SMA Negeri 1 Kusan Hilir dan Sekolah SMA Negeri 1 Sungai Loban objek sarana prasarana pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan.. Analisis data menggunakan analisis deskriftif kuantitatif yang disampaikan dalam bentuk mengaflikasikan jenis data.

Hasil dari penelitian ini menggambarkan bahwa pada perlengkapan atau ketersediaan sarana pembelajaran masih ada yang kurang, hal ini akan menghambat pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Setiap sekolah yang kurang perlengakapan harus melengkapi sesuai dangan standar minimal yang telah ditetapkan. sehingga akan terciptanya kelancaran dalam proses pembelajaran di sekolah agar tujuan pendidikan  akan tercapai dengan optimal. Dilihat dari keberadaan dan kondisi sarana prasarana yang ada maka diharapkan dapat menunjang proses pembelajaran pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan. Sedangkan mengenai sarana prasarana yang kurang tidak dapat menunjang proses pembelajaran. Oleh karena itu diharapkan pihak sekolah agar lebih memperhatikan dan merawat sarana prasarana yang dimiliki.

Kata Kunci : Sarana, Prasarana, Pembeajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI