DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ETNOGRAFI VIRTUAL PADA AKUN INSTAGRAM @BANJARMASINFOOOD SEBAGAI MEDIA INFORMASI KULINER
PENGARANG:ATIK ASNIYAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-23


 

Atik Asniyah, 1610414120005, 2021. “Etnografi Virtual pada Akun Instagram @banjarmasinfoood sebagai Media Informasi Kuliner. Dibawah bimbingan Dr.Fahrianoor, S.IP, M.Si dan A. Bayu Chandrabuwono,S.Ikom., MA.

 

Kehadiran media sosial membawa perubahan terhadap kebiasaan masyarakat pada ranah virtual. Instagram merupakan salah satu medium yang memiliki peran penting terhadap penyebaran informasi kuliner. Informasi kuliner dapat ditemui melalui akun-akun publik yang memiliki konten kuliner di instagram. Akun instagram @banjarmasinfood merupakan salah satu akun yang membagikan informasi kuliner melalui konten kuliner, yang mana khusus kuliner lokal di Kota Banjarmasin.  Media sosial instagram adalah salah satu bagian dari media baru yang saat ini memiliki banyak pengguna di Indonesia, dengan kemudahan penyampaian informasi, fitur, serta tampilan instagram yang begitu simple dan menarik, sehingga kini instagram tidak hanya sebagai sarana komunikasi individu dengan individu yang lain, tetapi mampu mendorong pengguna untuk selalu menggunakan instagram sebagai media dalam memenuhi kebutuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk aktivitas dan interaksi pada akun instagram @banjarmasinfood sebagai media penyampaian informasi kuliner di kota Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode etnografi virtual, dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana bentuk aktivitas dan interaksi itu terjadi pada akun instagram @banjarmasinfood,

 

Hasil penelitian menunjukan bahwa pada aktivitas akun @banjarmasinfood yaitu bagaimana proses terciptanya sebuah konten hingga sampai diterima oleh pengguna instagram, hal yang dilakukan yaitu teknik pengambilan gambar atau video dengan menggunakan peralatan yang memadai dan teknik food photography, teknik penyampaian pesan dengan kesan yang lucu agar terlihat santai sehingga mudah untuk diterima oleh para followers, teknik editing serta pembagian konten video, cara pengemasan konten dilakukan agar selalu menarik dan informatif, serta pemilihan isi konten yang selalu mengikuti jaman dan trend saat ini. Pada jasa iklan produk dilakukan dengan teknik food photography dan penambahan aksesoris pendukung agar dapat terlihat perbedaan antara konten dan iklan produk, serta agar iklan terlihat profesional. Agar selalu terjalinnya interaksi antara admin dan followers, admin selalu membalas beberapa komentar dan memberikan beberapa informasi melalui fitur insta story yang mana informasi tersebut didapat dari beberapa sumber baik pengalam sendiri, teman, dan followers.

Kata Kunci : Media, Kuliner, Instagram, etnografi virtual.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI