DIGITAL LIBRARY



JUDUL: EFEKTIVITAS TEKNIK PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN CRITICAL THINKING MENUJU ERA SOCIETY 5.0 PADA SISWA SMA GLOBAL ISLAMIC BOARDING SCHOOL BARITO KUALA
PENGARANG:FEBY INDAH WIDIARTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-23


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya tingkat kemampuan Critical Thinking yang rendah pada siswa kelas X  SMA Global Islamic Boarding School Barito Kuala. Pada kenyataannya kemampuan Critical Thinking adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki menuju era Society 5.0. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan layanan bimbingan kelompok dengan teknik Problem Solving untuk meningkatkan kemampuan Critical Thinking menuju era Society 5.0 pada siswa.

Penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis penlitian eksperimen desain intact-group comparison. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Global Islamic Boarding School Barito Kuala pada bulan April 2021. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 83 orang. Sampel dalam penelitian ini diperoleh dari kriteria dengan menggunakan teknik purposive sampling yang berjumlah 8 orang. Instrumen pengumpulan data berupa skala pengukuran kuesioner skala Likert untuk meningkatkan kemampuan Critical Thinking menuju era Society 5.0.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan pengujian dari data yang diperoleh dengan menggunakan rumus uji mann whitney yang menunjukan bahwa hasil Exact. Sig. (2-tailed)/significance adalah 0,021 atau probabilitas di atas 0,05 (0,021 < 0,05). Jadi kesimpulan bahwa dalam penelitian ini Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya teknik Problem Solving efektif dalam meningkatkan Kemampuan Critical Thinking menuju era Society 5.0 Siswa Kelas X SMA Global Islamic Boarding School.

Diharapkan dengan adanya penelitian ini terutama untuk guru BK dapat mengimplementasikan teknik Problem Solving secara inovatif pada siswa untuk meningkatkan kemampuan Critical Thining menuju era Society 5.0 dan untuk peneliti selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan tahap-tahap pelaksanaan teknik Problem Solving dan mampu mencari planning  jika terjadi suatu hambatan dalam pelakasanaan layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik Problem Solving.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI