DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA PAUD, KOMUNIKASI INTERPERSONAL GURU DENGAN KINERJA GURU MELALUI KEDISIPLINAN GURU DI PAUD SE KECAMATAN LANDASAN ULIN KOTA BANJARBARUN
PENGARANG:YANTI SUSILAWATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-23


ABSTRAK

 

 

Yanti Susilawati, 2021. Hubungan Kepemimpinan Transformasional Kepala PAUD, Komunikasi Interpersonal Guru Dengan  Kinerja Guru Melalui Kedisiplinan Guru Di PAUD Se Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru. Program Studi Magister Pendidkan Anak Usia Dini Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin, Pembimbing : (1)  Dr. Suhaimi, S.Pd., M.Pd, (2)  Dr. Noorhapizah, ST,.M.Pd.

 

Kata Kunci   :  Kepemimpinan Transformasional, Komunikasi Interpersonal, Kinerja, Kedisiplinan

 

Kondisi yang terjadi pada PAUD se Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru yaitu masih kurangnya komunikasi yang dilakukan oleh kepala sekolah dengan guru sehingga berdampak juga pada kedisiplinan guru dan pada akhirnya kinerja guru juga menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kepemimpinan transformasional kepala sekolah  PAUD, komunikasi interpersonal dengan kinerja guru melalui kedisiplinan guru di PAUD Se Kecamatan Landasan Ulin saling berhubungan.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Populasi kepala PAUD dan guru di Kecamatan Landasan Ulin yaitu berjumlah 166 orang kepala PAUD dan guru dengan sampel 117 orang kepala PAUD dan guru dengan cara melakukan analisis data dengan prosedur statistik. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner yang telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kepemimpinan transformasional kepala PAUD, komunikasi interpersonal guru, kinerja guru dan kedisiplinan guru di PAUD Se Kecamatan Landasan Ulin Kota Banjarbaru termasuk dalam klasifikasi yang tinggi. Ada hubungan kepemimpinan transformasional kepala PAUD dengan kedisiplinan guru, komunikasi interpersonal dengan kedisiplinan guru, kepemimpinan transformasional kepala PAUD dengan kinerja guru, komunikasi interpersonal dengan kinerja guru, kedisiplinan guru dengan kinerja guru, kepemimpinan transformasional kepala PAUD dengan kinerja guru melalui kedisiplinan, komunikasi interpersonal dengan kinerja guru melalui kedisiplinan guru.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah ada hubungan secara langsung dan tidak langsung kepemimpinan transformasional kepala PAUD, komunikasi interpersonal, kinerja guru dan kedisiplinan guru. Saran untuk kepala sekolah agar lebih meningkatkan dan mempertahankan komunikasi terhadap guru agar hubungan selalu terjalin bagus. Bagi guru diharapkan lebih meningkatkan semangat dan kinerjanya dalam menjalankan tugas sebagai guru yang professional, menjalin hubungan yang harmonis dengan kepala sekolah dan rekan lainnya.

 

 

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI