DIGITAL LIBRARY



JUDUL: PENGARUH SUKU BUNGA, DEBT TO EQUITY RATIO, RETURN ON EQUITY, DAN PRICE EARNING RATIO TERHADAP HARGA SAHAM (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2016 dan 2017
PENGARANG:Hikmah Nor Latifah
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-23


Hikmah Nor Latifah (2019) Pengaruh Suku Bunga, Debt to Equity Ratio, Return on Equity, dan Price Earning Ratio terhadap Harga Saham. Pembimbing 1: Fatimah. Pembimbing 2: Pusvita Indria Mei Susilowati.

Penelitian ini dilakukan untuk menguji secara empiris pengaruh suku bunga, debt to equity ratio, return on equity, dan price earning ratio terhadap harga saham perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2016 dan 2017.

Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi penelitian adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), dan sampel yang digunakan sebanyak 22 perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2016 dan 2017 yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling. Jumlah data sampel sebanyak 44 data. variabel harga saham diukur dengan menggunakan rata-rata harga saham penutupan per hari dalam 1 (satu) tahun. Variable suku bunga diukur dengan menggunakan rata-rata suku bunga pertahun. Data dianalisis dengan menggunakan regresi berganda.

Hasil penelitian membuktikan bahwa variable suku bunga, debt to equity ratio, return on equity, dan price earning ratio memiliki pengaruh terhadap harga saham dengan nilai koefisien determinasi sebesar 0,471 atau  47,1%. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa variabel return on equity dan  price earning ratio berpengaruh terhadap harga saham. Variabel suku bunga dan debt to equity ratio belum berhasil dibuktikan pengaruhnya terhadap harga saham.

 

Kata Kunci:  Harga Saham, Suku Bunga, Debt to Equity Ratio, Return on Equity, Price Earning Ratio

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI