DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGGUNAAN INTERNET SEBAGAI MEDIA DAN SUMBER PEMBELAJARAN PPKN DI SMAN 3 BANJARBARU
PENGARANG:SUCI FITRIA WATI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-23


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru dalam menggunakan intermet sebagai sumber pembelajaran PPKn dan Untuk mengetahui faktor yang menjadi penghambat dalam menggunakan internet sebagai sumber pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Dalam peneltian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokemuntasi untuk mendapatkan data. Cara menganalis pada penelitian ini digunakan tahapan reduksi data, penyajian data dan, menarik kesimpulan penelitian. 

Hasil peneltian ini menunjukan penggunaan internet sebagai sumber belajar mengharuskan guru untuk lebih kreativ dalam menyampaikan materi dan mengharuskan guru untuk bisa memanfaatkan internet dengan baik. Kendala yang dihadapi guru ialah ada sebagian siswa menggunakan internet untuk bermain game online dan membuka sosial media faktor penghambat dalam penggunaan internet sebagai sumber belajar adalah biaya, bagi kalangan siswa menengah ke bawah akan sulit untuk membeli kuota yang akan digunakan belajar online dan ada beberapa siswa yang tidak mempunyai handphone. Selain itu ada sebagian guru yang belum memahami cara menggunakan internet sebagai sumber belajar terutama guru yang sudah sepuh. 

Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberi saran Guru hendaknya jangan terlalu terpaku pada internet dan melupakan pembelajaran menggunakan buku. Guru hendaknya jangan sampai lengah pengawasan pada saat jam pelajaran berlangsung, karena jika lengah maka siswa akan menggunakan internet untuk membuka sosial media lainnya dan bermain game online.

Kata Kunci : Penggunaan internet, Media dan Sumber pembelajaran

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI