DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGUATAN NILAI-NILAI KEWARGANEGARAAN EKOLOGI DI SEKOLAH ADIWIYATA SMA PGRI 6 BANJARMASIN
PENGARANG:AKHMAD BAIHAQIE
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-23


Program Adiwiyata merupakan program sekolah dengan tujuan memajukan dan menjadikan sekolah untuk peduli serta berbudaya berlingkungan sehingga dapat berpartisipasi dalam pelaksanaan upaya melestarikan lingkungan yang dapat melaksanakan pembangunan yang berkelanjutan untuk kepentingan generasi sekarang maupun nanti. Masalahpenelitianiniuntukmelihatnilai-nilaiekologisserta faktor yang membuat SMA PGRI 6 Banjarmasin menjadi sekolahadiwiyata.

TujuanpenelitianiniuntukmenganalisisbentukKewarganegaraannilai-nilaiekologi yang di kembangkan serta penguatan yang dilakukan untuk membentuk nilai-nilai kewarganegaraan ekologi dalam kegiatan pengimplementasian programaiwiyata.

Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif, Peneliti menggunakan metode deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu secara purposive sampling dengan menggunakan teknik seperti pengumpulan data dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah itu data dianalisis dengan menggunakan empat tapan seperti pengumpulan data, pemilihan data, penampilan data serta kesimpulan.

Dari hasil penelitian ini mengarah pada bentuk nilai kewarganegaraan ekologi di SMA PGRI 6 Banjarmasin adanya bentuk rasa tanggung jawab dalam menjaga serta memberikan perawatan lingkungan sekolah antara guru dan murid, guru memberikan penjelasantentangprogram yangdibuatsepertipelaksanaanpengelolaanbanksampah,guru mengajarkan kepada murid untuk mengembangkan kreatifitas seperti memanfaatkan barang yang sudah dipakai menjadi barang bekas setelah itu dijadikan barang yang tepat guna, dalamhaltersebutmuridmenjadilebih kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan barang bekas, adanya penanggung jawab untuk mengawasi serta membantu memberikan masukan terhadap peraturan disekolah contohnya jangan buang sampah sembarangan, penanggung jawab juga memberikan sosialisasi pentingnya menjaga lingkungan agar selalu bersih, indah, dan sejuk, dukungan dari sekolah dalam program adiwiyata memberikan fasilitas kepada murid dalam mengembangkan kreatifitasnya seperti adanya gazebo yang dikelilingi tanaman hias memberikan kesan sejuk dan indah pengadaan gazebo bisa dipakai untuk pembelajaran diluar kelas agar murid tidak akan cepat merasabosan.

Peraturansekolahyangsudahtertulismaupuntidaktertulisbagipelanggaryangtidak taat peraturan seperti membuang sampah ataupun merusak tanaman harus ada sanksi yang tegas agar memberikan kesadaran bagi seluruh warga sekolah karena dengan itu akan terciptanya lingkungan yang bersih danindah.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI