DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Efektivitas Penerapan Full Day School Dalam Pendidikan Karakter Bagi Siswa Kelas XII Di SMKS Bina Banua Banjarmasin Tahun Pelajaran 2018/2019
PENGARANG:NUR MAHYA RACHMAN
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-23


 

Nur Mahya Rachman, A1A312220, 2020. Efektivitas Penerapan Full Day School dalam Pendidikan Karakter bagi Siswa kelas XII di SMKS Bina Banua Banjarmasin. Program  Studi  Pendidikan Ekonomi, Jurusan Pendidikan IPS, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Lambung Mangkurat, Pembimbing I:  Prof. Dr. H. Rizali Hadi, MM dan Pembimbing II:  Mahmudah Hasanah, M. Pd

 

Dengan ditunjuknya SMKS Bina Banua Banjarmasin sebagai pilot project oleh Kemendikbud untuk penerapan full day school berbasis pendidikan karakter diharapkan lulusan tidak hanya memiliki skill yang mumpuni namun juga berkarakter. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana gambaran full day school yang diterapkan di SMKS Bina Banua Banjarmasin, 2) Bagaimana gambaran karakter siswa kelas XII di SMKS Bina Banua Banjarmasin, 3) Bagaimana efektivitas penerapan full day school dalam pendidikan karakter bagi siswa kelas XII SMKS Bina Banua Banjarmasin.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif asosiatif dengan  pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian sebanyak 290 siswa yaitu siswa kelas XII semua jurusan. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportionate stratified random sampling dan penentuan jumlah sampel dilihat dari tabel Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5% sehingga dapat diambil sampel sebanyak 158 siswa. Uji yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas. Sedangkan teknik analisis yang digunakan yaitu teknik analisis deskriptif.

Hasil dari penelitian ini yaitupenerapan full day school telah berjalan cukup baik dengan penyesuaian dalam proses pembelajaran dan penanaman nilai-nilai karakter. Pendidikan karakter siswakelas XII SMKS Bina Banua Banjarmasin memperoleh persentase sebesar 84,2% dengan kategori sangat tinggi. Kesimpulan penelitian adalah penerapan full day school efektif dalam pendidikan karakter bagi siswa kelas XII SMKS Bina Banua Banjarmasin tahun pelajaran 2018/2019.

Kata kunci: Full Day School, SMK, Pendidikan Karakter

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI