DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Banjarmasin Tahun Ajaran 2019/2020
PENGARANG:ARINI MAYASARI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-23


ABSTRAK

ARINI MAYASARI, 2020. Pengaruh Pemanfaatan Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPS Pada Mata Pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Banjarmasin Tahun Ajaran 2019/2020. (Dibawah bimbingan Dr. H. Supriyanto, Ak, M.Pd sebagai Pembimbing I dan Mahmudah Hasanah M.Pd sebagai pembimbing II)

Prestasi belajar mempunyai peran yang penting dalam proses belajar karena dengan adanya prestasi belajar yang tinggi akan mendorong siswa untuk lebih giat belajar. Banyak faktor yang dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa di sekolah, salah satunya yaitu pemanfaatan sumber belajar yang baik.

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui  pemanfaatan sumber belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Banjarmasin Tahun Ajaran 2019/2020 (2) untuk mengetahui prestasi belajar siswa kelas XI IPS pada mata pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Banjarmasin Tahun Ajaran 2019/2020 (3) untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sumber belajar terhadap prestasi belajar siswa XI IPS pada mata pelajaran Ekonomi di Madrasah Aliyah Negeri 2 Model Banjarmasin Tahun Ajaran 2019/2020.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitan adalah siswa kelas XI IPS MAN 2 Model Banjarmasin yang berjumlah 92 orang, sedangkan jumlah sampel karena memakai sampel jenuh maka diambil sebanyak jumlah populasi yaitu 92 orang. Teknik penelitian ini adalah angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear sederhana.

Hasil penelitian ini dikemukakan bahwa sumber belajar (X) berpengaruh positif sebesar  0,027 atau 2,7% terhadap prestasi belajar siswa, sedangkan sisanya 97,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukka dalam penelitian ini.

Diharapkan seluruh siswa meningkatkan pemanfaatan sumber belajar yang telah difasilitasi oleh sekolah misal seperti penggunaan perpustakaan yang menyediakan buku buku yang berkaitan dengan mata pelajaran ekonomi

 

 

Kata Kunci : Sumber Belajar, Prestasi Belajar

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI