DIGITAL LIBRARY



JUDUL:RELEVANSI PENGUASAAN SOFT SKILL MENURUT TINGKATAN KELAS TERHADAP TUNTUTAN DUNIA KERJA
PENGARANG:MILA DIYANTI NUR
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-23


ABSTRAK

Mila,

2021 Relevansi Penguasaan Soft Skill Menurut Tingkatan Kelas Terhadap Tuntutan Dunia Kerja (Studi Kasus Siswa dan Lulusan SMK Negeri 4 Banjarmasin). Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. (Dibawah bimbingan Prof. DR. Suratno, M.Pd sebagai pembimbing I dan Melly Agustina Permatasari, M.Pd sebagai pembimbing II).

 

Penelitian ini berlandaskan dari latar belakang masalah pada lulusan SMK sebagai lulusan yang paling banyak menjadi pengangguran berdasarkan pada tingkat pengangguran terbuka berdasarkan tingkat pendidikan tertinggi. Hal ini tidak sesuai dengan tujuan pembentukan SMK yang berharap lulusannya dapat terserap langsung pada dunia kerja setelah lulus dari masa pendidikan. Menurut Agus Wibowo (2011: 18) pada penelitian yang dilakukan di Harvard University Amerika serikat, menemukan bahwa ternyata kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skill) saja, tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skill). Penelitian ini mengungkapkan, kesuksesan hanya ditentukan sekitar 20% oleh hard skill dan sisanya 80% oleh soft skill. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah soft skill pada lulusan SMK telah sesuai dengan tuntutan pada dunia kerja, dengan mengetahui gambaran dari besaran penguasaan soft skill berdasarkan tingkatan kelasnya, besaran relevansi penguasaan tersebut terhadap lulusannya di dunia kerja, dan besaran sumbangan pembelajaran soft skill tersebut terhadap lulusannya yang telah bekerja.

Metode yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan teknik analisis deskriptif, uji korelasi, dan uji regresi. Hasil penelitian diperoleh dengan cara  menggunakan software SPSS dan kemudian dirangkum dalam bentuk sajian tabel.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa besaran penguasaan soft skill pada siswa SMK Negeri 4 Banjarmasin untuk kelas X sebesar 58%, kelas XI sebesar 65,5%, dan kelas XII sebesar 65%. Dari penguasaan tersebut, terdapat relevansi pembelajaran soft skill di sekolah dengan soft skill di dunia kerja pada indikator kewirausahaan di SMK Negeri 4 Banjarmasin dengan Fhitung sebesar 6,576 > Ftabel sebesar 2,79, maka secara simultan soft skill di sekolah berelevansi pada soft skill di dunia kerja dengan sumbangan sebesar 27,9%, sedangkan sisanya (72,1%) dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian, dimana berdasarkan sumbangan relatifnya kelas X memberikan relevansi sebesar 26,2143%, kelas XI memberikan relevansi sebesar 1,1526%, dan kelas XII memberikan relevansi sebesar 0,5152%.

 

Kata Kunci:

penguasaan soft skill, tingkatan kelas, pembelajaran, relevansi, dunia kerja

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI