DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PARTISIPASI ORANG TUA DI SEKOLAH (Studi Multisitus di SDN Kuin Utara 4 dan SDN Sungai Jingah 4 Kota Banjarmasin)
PENGARANG:MERY MAHRIANTI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-24


 

ABSTRAK

Mahrianti, Mery, 2021. Partisipasi Orang Tua di Sekolah (Studi Multisitusdi SDN Kuin Utara 4 dan SDN Sungai Jingah 4 Kota Banjarmasin). Tesis, Program Magister Administrasi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. Sutarto Hadi, M.Si., M.Sc, (II) Dr. H. Muhammad Saleh, M.Pd.

Kata Kunci: Partisipasi orang tua, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, kendala

Sekolah dan orang tua merupakan dua unsur utama dalam membantu kesuksesan pendidikan peserta didik. Keduanya harus bersinergi agar pencapaian mutu pendidikan berjalan efektif dan efisien. Segala program yang dilaksanakan sekolah tidak bisa berjalan dengan baik tanpa andil orang tua. Partisipasi orang tua di sekolah benar-benar sangat dibutuhkan. Penelitian ini bertolak dari realita sekolah negeri yang mayoritas peserta didiknya memiliki latar belakang ekonomi dan pendidikan keluarga menengah ke bawah namun dapat memanajemen partisipasi orang tua sehingga terlibat aktif dalam berbagai program sekolah. Fokus penelitian ini antara lain: (1) perencanaan partisipasi orang tua di sekolah; (2) pelaksanaan partisipasi orang tua di sekolah; (3) evaluasi partisipasi orang tua di sekolah; (4) kendala yang dihadapi dalam partisipasi orang tua di sekolah. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis perencanaan partisipasi orang tua di sekolah, menggali bentuk pelaksanaan partisipasi orang tua di sekolah, mengevaluasi partisipasi orang tua di sekolah serta menggali kendala yang dihadapi sekolah dalam pelaksanaan partisipasi orang tua di sekolah.

Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif jenis studi multisitus. Data dikumpulkan melalui teknik observasi partisipan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data individu dan analisis lintas kasus. Sedangkan keabsahan data dicek dengan cara validasi internal, validasi eksternal, reliabilitas, dan objektivitas.

Hasil penelitian ini adalah: (1) perencanaan partisipasi dilaksanakan di awal tahun ajaran melibatkan orang tua, kepala sekolah, dan guru dengan sumber dana kegiatan perencanaan partisipasi dari infaq dan iuran serta jangka waktu yang ditetapkan adalah satu tahun; (2) pelaksanaan partisipasi orang tua meliputi partisipasi pada kegiatan insidental, harian, mingguan, bulanan, semester, dan tahunan; (3) evaluasi partisipasi orang tua melibatkan komite, kepala sekolah, dan guru; (4) kendala partisipasi orang tua di sekolah antara lain anggapan sekolah gratis, kurang dukungan terhadap pengembangan minat bakat anak, proses penyelesaiannya melibatkan kepala sekolah, guru, pengurus komite, diatasi dengan cara melakukan pendekatan, memberi pengertian, dan sosialisasi.Dari hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa sekolah mengembangkan partisipasi orang tua dalam berbagai program sekolah.

Implikasi dari penelitian ini secara teoritis partisipasi orang tua di SDN Kuin Utara 4 dan SDN Sungai Jingah 4 mengembangkandimensipartisipasi orang tua yaitu perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan penyelesian kendala.Dengan demikian, partisipasi orang tua di sekolah tersebut valid, tepat, dan reliabel dapat digunakan sebagai upaya meningkatkan mutu pendidikan sertapengembangankeilmuantentangmanajemen partisipasi orang tua di sekolah.

Saran dari penelitian ini ditujukan kepada: (1) kepala sekolah dan stakeholder agar merangkul dan memberi kepercayaan kepada orang tua untuk terlibat, baik dalam tahap perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan penyelesaian kendala. Sehingga orang tua akan merasa lebih dibutuhkan sekolah dan mengerahkan seluruh kemampuannya dalam membantu meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang; (2) orang tua dapat meluangkan waktu dengan porsi yang lebih besar di tengah kesibukannya untuk mendampingi kegiatan belajar anak selama di rumah. Turut aktif dalam berbagai kegiatan paguyuban kelas maupun sekolah baik yang tergabung dalam dewan sekolah maupun tidak yang terkait dengan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan penyelesaian kendala. Saling bertukar pengalaman dengan sesama orang tua; (3) Dinas Pendidikan khususnya bagian dewan komite disarankan agar lebih menggiatkan kegiatan-kegiatan sosialisasi terkait partisipasi orang tua di sekolah. Sehingga dapat memperkaya wawasan bagi para komite sekolah untuk merangkul anggotanya (orang tua) bersama-sama menerapkan program-program inovatif dan besar manfaatnya bagi kemajuan sekolah.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI