DIGITAL LIBRARY



JUDUL:HUBUNGAN ANTARA KONSEP DIRI DAN PENGUNGKAPAN DIRI DENGAN SISWA YANG MENGALAMI BROKEN HOME DI SMP NEGERI 23 BANJARMASIN
PENGARANG:AULIA RAHMAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-24


 

ABSTRAK

 

Aulia Rahmah, 2020.  Hubungan Antara Konsep Diri Dan Pengungkapan Diri  Dengan Siswa Yang Mengalami Broken Home di SMP Negeri 23 Banjarmasin. Program Studi  Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Lambung Mangkurat. (I) Dr. Ririanti Rachmayanie J, S.Psi, M.Pd (II) Dr. Sulistiyana, S.Pd, M.Pd

 

 

Kata kunci : konsep diri, pengungkapan diri, siswa yang mengalami broken home

 

Permasalahan keluarga yangbroken homeakan berimbas pada konsep diri dan pengungkapan diri anak karena kurang kasih sayang dan perhatian dari orang tuanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara konsep diri dan pengungkapan diri dengan siswa yang mengalami Broken Home di SMP Negeri 23 Banjarmasin.

 

Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian yaitu korelasi. Sampel berjumlah berjumlah 92 orang siswa SMP Negeri 23 Banjarmasin, teknik pengambilan sampel dengan cara  purposive sampling.Teknik pengambilan data menggunakan angket atau kuesioner dengan skala likert. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis korelasi dan uji F.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil uji korelasi diketahui bahwa konsep diri dengan siswa yang mengalami broken home dengan nilai korelasi yaitu 0.607 termasuk berkorelasi kuat dengan hasil taraf signifikan yaitu 0.000 < 0.05. Hasil uji korelasi diketahui bahwa pengungkapan diri dengan anak yang mengalami broken home dengan nilai korelasi yaitu 0.921 termasuk berkorelasi kuat dengan hasil taraf signifikan yaitu 0.000 < 0.05. Hasil uji F yaitu F(tabel) = 2,75 < F(hitung) = 593.394 dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak dengan pernyataan bahwa terdapat berhubungan signifikan secara simultan konsep diri dan pengungkapan diri dengan siswa yang mengalami broken homedi SMP Negeri 23 Banjarmasin.

 

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI