DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH TEKANAN STAKEHOLDER TERHADAP KUALITAS PENGUNGKAPAN SUSTAINABILITY REPORT (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PESERTA ASIA SUSTAINABILITY REPORTING RATING TAHUN 2019)
PENGARANG:MARIA CHATARINA MAHARANI PUTRI MAHAYANA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-24


Pengaruh Tekanan Stakeholder Terhadap Kualitas Pengungkapan Sustainability Report (Studi Empiris pada Perusahaan Peserta Asia Sustainability Reporting Rating Tahun 2019). Pembimbing: Dr. Hj. Ade Adriani, SE., M.Si., Ak., CA

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti mengenai pengaruh tekanan pemangku kepentingan perusahaan, yaitu tekanan dari konsumen, pemegang saham, kreditur, karyawan, pemerintah, media massa, serta masyarakat dan aktivis lingkungan terhadap kualitas pengungkapan laporan keberlanjutan perusahaan di Indonesia. Populasi penelitian ini adalah perusahaan dari Indonesia yang menjadi peserta Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) tahun 2019. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling method. Data diolah dengan menggunakan analisis regresi logistik ordinal menggunakan program IBM SPSS 24. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan konsumen, masyarakat dan aktivis lingkungan berpengaruh signifikan secara positif terhadap kualitas pengungkapan laporan keberlanjutan perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar tekanan yang diberikan konsumen serta masyarakat dan aktivis lingkungan terhadap perusahaan, semakin baik pula laporan keberlanjutan yang diungkapkan. Temuan lain yang diperoleh dari penelitian ini adalah, tekanan dari pemegang saham, kreditur, karyawan, pemerintah dan media massa memberi pengaruh dengan tingkat keyakinan yang lebih rendah. Tekanan pemangku kepentingan memberi pengaruh terhadap kualitas pengungkapan laporan keberlanjutan sebesar 30,9%, sementara 69,1% tingkat kualitas dapat dipengaruhi faktor lain.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI