DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PERAN ORANG TUA DAN POLA ASUH ORANG TUA, PENGGUNAAN GADGET TERHADAP PERILAKU SOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RAUDHATUL ATHFAL KECAMATAN AMUNTAI SELATAN
PENGARANG:ANTUNG MIFTAHUL JANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-24


ABSTRAK

Miftahul Jannah, Antung. 2021. Peran Orang Tua dan Pola Asuh Orang Tua, dalam Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 5-6 Tahun di RA Kecamatan Amuntai Selatan. Tesis Program Studi Magister Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Program Pascasarjana Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing : (1) Dr. Ali Rachman, M.Pd dan (2) Dr. Novitawati, S.Psi., M.Pd.

Kata Kunci: Peran Orang Tua, Pola Asuh Orang Tua, Penggunaan Gadget, Perilaku Sosal Anak.

Perilaku sosial merupakan perilaku yang meggambarkan kepeduian antara sesama teman, seperti menolong (helping), membantu (aiding), berbagi (sharing), dan menyumbang (donating) atau hanya memberkan kebahagiaan kepada orang lain, perilaku sosial bersifat sukarela dan dapat menguntungkan orang lain tanpa mengharapkan imbalan eksternal. Perilaku sosial anak dapat diperoleh melalui berbagai kesempatan dan pengalaman, seperti bermain dan berinteraksi dengan orang-orang di lingkungan sekitarnya, jika perkembangan sosial anak terhambat maka akan berpengaruh juga terhadap perkembangan yang lain nya, hasil dari pengamatan dan wawancara, dapat disimpulkan bahwa perilaku sosial anak masih tergolong redah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan da menganalisis peran orang tua dan pola asuh orang tua melalui perilaku sosial anak terhadap perilaku sosial anak.

Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan metode deskriptif dan menggunakan teknik regresi (regresi research). Populasi penelitian sebanyak 232 orang tua dan diambil 147 responden sebagai sampel penelitian dengan teknik cluster random sampling. Pengumpilan data menggunakan kuesioner yang diuji validitasnya menggunakan teknik item-total correlation, dan uji reliabilitas menggunakan teknik Cronbach Alpha. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, regresi linier dan analisis jalur.

Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) terdapat hubungan langsung yang positif dan signifikan antara peran rang tua dan perilaku sosial anak, pola asuh orang tua dan perilaku sosial anak, penggunaan gadget dan perilaku sosial anak; dan (2)  terdapat hubungan tak langsung yang positif dan signifikan antara peran orang tua melalui penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak; pola asuh orang tua melalui penggunaan gadget terhadap perilaku sosial anak.

Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada orang tua, guru, dan kepala satuan RA agar menjalin komonikasi, orang tua memahami dengan baik cara mendidik anak sehingga dapat membentuk perilaku sosial anak.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI