DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Kualitas Pelayanan Parkir di Pasar Besar Kota Palangka Raya.
PENGARANG:RICKY KAHARAP
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-24


Sejak otonomi daerah diterapkan, pemerintah daerah dituntut mendapatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari berbagai sumber, dan salah satu diantaranya adalah dari retribusi parkir. Dengan asumsi tinggi rendahnya retribusi parkir berkaitan erat dengan kualitas pelayanan terhadap masyarakat pengguna jasa parkir, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan parkir di Pasar Besar Kota Palangka Raya.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Metode kualitatif sebagai prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Dalam penelitian ini, peneliti mengembangkan konsep dan menghimpun fakta tentang pelayanan publik yang diberikan Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informasi Kota Palangka Raya serta para petugas parkir (pengelola parkir) kepada masyarakat para (pengguna jasa parkir) di Pasar Besar Kota Palangka Raya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan parkir di Pasar Besar Kota Palangka Raya menggunakan pola kerjasama dengan pihak ketiga (langsung), sehingga bentuk pelayanan yang diberikan Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informasi Kota Palangka Raya kepada pihak ketiga sebagai pihak ketiga mengacu kepada peraturan yang berlaku, yakni Keputusan Presiden Nomor 54 Tahun 2010.
Walaupun demikian, pengguna jasa parkir masih mengeluhkan penataan kendaraan yang kurang rapi terutama untuk lokasi parkir di badan jalan sehingga menyebabkan terganggunya kenyamanan pengguna jalan. Keluhan lain yang juga muncul adalah sikap petugas parkir yang kurang ramah, sehingga disarankan agar pihak pengelola parkir memperbaiki kondisi ini guna menciptakan kualitas pelayanan parkir yang semakin baik.
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Parkir

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI