DIGITAL LIBRARY



JUDUL:IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN SEBAGAI UPAYA MAHASISWA DALAM MENCARI PELUANG BERWIRAUSAHA
PENGARANG:Tri Wahyuni
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-24


Upaya yang dapat dilakukan untuk menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan mahasiswa adalah dengan membekali mahasiswa melalui pembelajaran kewirausahaan. Ilmu kewirausahaan berperan dalam menciptakan minat mahasiswa guna membentuk pola pikir, menambah wawasan, pengetahuan, strategi, dan keterampilan. Ilmu pengetahuan tersebut dapat menjadi bekal untuk mahasiswa dalam mencari atau menemukan dan bahkan menciptakan peluang dalam berwirausaha. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kewirausahaan sebagai upaya mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unlam dalam mencari peluang berwirausaha.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode deskriptif asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik kuesioner (angket) dan dokumentasi. Teknik analisa yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier sederhana. Data yang diperoleh di lapangan kemudian dianalisa secara kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran kewirausahaan mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unlam dengan persentase sebesar 70,47% dan termasuk dalam kategori tinggi. (2) Peluang berwirausaha mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP Unlam dengan persentase sebesar 74,76% dan termasuk dalam kategori tinggi. (3) Pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap peluang berwirausaha memiliki persentase sebesar 0,530 (53%) yang berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kewirausahaan terhadap upaya mahasiswa dalam mencari peluang berwirausaha sebesar 53% sedangkan 47% merupakan pengaruh dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penetilian ini.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI