DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENERAPAN TOKEN EKONOMI DALAM MENINGKATKAN PERHATIAN ANAK ADHD DI SDN TANIPAH 1 MANDASTANA
PENGARANG:IDA ZUBAEDA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-24


Ida Zubaeda, (2017).Penerapan Token Ekonomi untuk Meningkatkan Perhatian Anak ADHD di SDN Tanipah 1 Mandastana. Skripsi. Program S-1 Pendidikan Khusus. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Dosen Pembimbing Mirnawati,M.Pd.

Kata Kunci: Token Ekonomi, Perhatian, Anak ADHD.

 

Peneliti melihat anak yang memiliki kesulitan dalam pemusatan perhatian mengalami kesulitan didalam kelas dia sering gagal menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, perhatiannya mudah sekali terpecah apabila ada rangsangan yang lain seperti ketika saat anak menulis terdengar suara temannya yang berbicara anak akan langsung melihat kearah temannya, anak sering terlihat gelisah ketika mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru dan juga sering meninggalkan kursinya sangat sulit untuk duduk dengan tenang.Token ekonomi adalah suatu wujud modifikasi perilaku yang dirancang untuk meningkatkan perilaku yang diinginkan dan pengurangan perilaku yang tidak diinginkan (hiperaktif anak) dengan pemakaian Tokens (berupa stiker frozen).Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana perhatian anak hiperaktif di kelas 1 SDN SDN Tanipah 1 Mandastana, dan untuk mengetahui apakah penerapan metode token ekonomi (stiker) mampu meningkatkan perhatian anak ADHD di kelas I SDN Tanipah I Mandastana.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Single Subject Research (SSR) karena ingin memodifikasi perilaku subjek, jenis pendekatannya adalah kuantitatif dengan desain A-B-A. Teknik pengumpulan data yang dilakukan melalui prosedur pencatatan dengan observasi langsung, yaitu pencatatan durasi/lama perhatian anak, kemudian data diolah dalam grafik. Reliabilitas pengukuran menggunakan rumus persentase, dengan kesepakatan >3 menit. Teknik analisis data SSR menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh perhatian anak ADHD di kelas 1 SDN Tanipah I Mandastana sangat meresahkan guru dan teman-temannya sehingga sangat diperlukan sekali adanya intervensi kepada perilaku anak ADHD.Penerapan metode tokon ekonomi (berupa stiker frozen) ini mampu meningkatkan perhatian anak ADHD di kelas I SDN Tanipah I Mandastana. Peningkatan ini sangat terlihat jelas dari durasi perhatian anak yang meningkat dalam setiap sesinya. Saran diberikan kepada peneliti selanjutnya, guru dan orang tua.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI