DIGITAL LIBRARY



JUDUL:UPAYA MENGEMBANGKAN ASPEK MOTORIK HALUS (MENEMPEL) MELALUI MODEL EXPILICIT INTRUCTION DAN METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA QUILING PADA ANAK KELOMPOK B DI TK AKHLAQUL KARIMAH BANJARMASIN
PENGARANG:EVA YUNITA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-25


Yunita,Eva, 2021,Upaya Mengembangkan Aspek  Motorik Halus (Menempel) Melalui Model  Expilicit Intruction dan Metode Demonstrasi Dengan Menggunakan Media Quiling  Pada  Anak Kelompok  B di TK AKHLAQUL KARIMAH Kota Banjarmasin”. Skripsi, Program Pendidikan S1 PG PAUD FKIP ULM. Pembimbing : Dr. Novitawati S.Psi, M.Pd

Kata kunci : Pengembangan Motorik halus, menempel, model Expilicit instruction

Penelitian ini berawal dari rendahnya aspek motorik halus . dalam hal ini secara klasikal lebih dari 50% dari jumlah anak 20 orang yang masih rendah dalam aspek motorik halus.untuk mengatasi masalah ini penulis memilih pembelajaran menggunakan kombinasi model demonstrasi dan metode Expilicit Instruction dengan media quiling pada anak kelompok B TK Akhlaqul Karimah Banjarmasin.Tujuan peneliti untuk mengetahui hasil perkembangan kemampuan motorik halus anak dalam menempel gambar melalui  kombinasi model demonstrasi dan metode Expilicit Instruction dengan media quiling pada anak kelompok B TK Akhlaqul Karimah Banjarmasin. Serta bagaimana aktivitas guru dan anak selama pembelajaran.

Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas (PTK) terdiri dari beberapa langkah dalam setiap tindakanyaitu merencanakan,melaksanakan tindakan, mengamati, dan merefleksi pembelajaran yang telah dilaksanakan. PTK ini dilakukan selama 4 kali pertemuan untuk menggali dan mengolah data dalam penelitian ini diperlukan analisis data tentang aktivitas guru, aktivitas anak, dan hasil   perkembangan anak yang diperoleh melalui observasidan evaluasi selama pembelajaran, sehingga mencapai indicator keberhasilan

Berdasarkan analisis data yang diperoleh  melalui kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan dua siklusempat kali tatap muka melalui observasi Aktivitas guru ,observasi aktivitas anak dan hasil belajar anak diperoleh hasil penelitian : 1) Aktivitas guru mengembangkan kemampuan motorik halus anak dalam menempel gambar melalui  kombinasi model demonstrasi dan metode Expilicit Instruction dengan media quiling pada anak kelompok B TK Akhlaqul Karimah Banjarmasin, sebagaimana direncanakan guru sebelumnya berlangsung dengan baik, 2)Aktivitas anakjuga mengalami peningkatan dari pertemuan 1 sampai pertemuan 4 hinggasemua anak mencapai kreteria Aktif, 3) hasil perkembangan motorik halus anak dalam menempel gambar melalui  kombinasi model demonstrasi dan metode Expilicit Instruction dengan media quiling pada anak kelompok B TK Akhlaqul Karimah Banjarmasin mengalami peningkatan, 4)hasil perkembangan pada anak yang memperoleh bintang 3 («««/BSH) ada 10 orang anak atau 50% ,dan anak yang memperoleh bintang 4 («««« / BSB) ada 10 orang atau 50% hal ini berarti anakyang berkembang mencapai 100 %.

Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan pembelajaran menggunakan kombinasi model demonstrasi dan metode Expilicit Instruction dengan media quiling pada anak kelompok B TK Akhlaqul Karimah Banjarmasin.dapat mengembangkan kemampuan motorik halus anak dan meningkatkan hasil belajar anak sehingga mencapai indikator keberhasilan.

Atas hasil penelitian ini disarankan bagi guru dan stakeholder terkait, akan adanya tindak lanjut mengenai peningkatan aktivitas dan hasil perkembangan kemampuan motorik halus anak dalam menempel gambar melalui kombinasi model demonstrasi dan metode Expilicit Instruction dengan media quiling.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI