DIGITAL LIBRARY



JUDUL:Pengaruh Akuntabilitas Dan Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Terhadap Tingkat Korupsi (Studi Pada Pemerintah Provinsi Di Indonesia)
PENGARANG:Junaidi Rachman
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-25


Junaidi Rachman (2020). Pengaruh Akuntabilitas Dan Kapabilitas Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) Terhadap Tingkat Korupsi (Studi Pada Pemerintah Provinsi Di Indonesia). Pembimbing I: Dr. H. Fahmi Rizani MM. Ak, CA, CPA. Pembimbing II: Dr. Novita W.R., SE, M.Si, Ak, CA.

 

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh akuntabilitas keuangan, akuntabilitas kinerja, akuntabilitas pelayanan publik. dan kapabilitas aparat pengawas intern pemerintah (APIP) terhadap tingkat korupsi.

Penelitian ini menggunakan opini audit sebagai proksi variabel akuntabilitas keuangan, Laporan Hasil Evaluasi-Akuntabilitas Kinerja Pemerintah Daerah sebagi proksi akuntabilitas kinerja, Laporan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintah Daerah sebagai proksi akuntabilitas pelayanan publik. Populasi menggunakan pemerintah provinsi di Indonesia tahun 2015-2017. Pemilihan sampel didasarkan pada metode purposive sampling dengan hasil sampel adalah 90 pemerintah provinsi.Data diolah dengan menggunakan statistik deskriptif dan analisis regresi logistik.

Hasil penelitian ini menunjukkan akuntabilitas keuangan, akuntabilitas kinerja,  akuntabilitas pelayanan publik dan kapabilitas aparat pengawas intern pemerintah (APIP) tidak berpengaruh terhadap tingkat korupsi. Hal ini mengidentifikasikan walaupun kinerja pemerintah provinsi bagus tidak berarti dapat menurunkan tingkat korupsi.

 

Kata Kunci:   Akuntabilitas Keuangan, Akuntabilitas Kinerja, Akuntabilitas Pelayanan Publik, Kapabilitas APIP, Tingkat Korupsi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI