DIGITAL LIBRARY



JUDUL:TINDAK PIDANA PENCURIAN SARANG WALET DI KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR
PENGARANG:ADJI OKTAVIAN PRATAMA
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-25


TINDAK PIDANA PENCURIAN SARANG WALET DI KABUPATEN KOTAWARINGIN TIMUR

 

Adji Oktavian Pratama

 

ABSTRAK

Tindak kejahatan pencurian kerap terjadi ditengah masyarakat, dengan berbagai modus yang dilakukan oleh pelaku. Begitu juga dengan tindak pidana pencurian sarang walet yang kerap terjadi kabupaten kotawaringin timur. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kareakteristik dari pencurian sarang walet di kabupaten kotawaringin timur dan bagaimana upaya penanggulangan terhadap kasus pencurian sarang walet di kabupaten kotawaringin timur.

Penelitian ini merupakan penelitian empiris dengan mengunakan data primer yang menitikberatkan pada wawancara dan pengumpulan data dilapangan serta didukung dengan data sekunder berupa bahan hukum primer, sekunder dan tersier.

Maka hasil penelitian ini menunjukan, bahwa : Pertama, kejahatan pencurian sarang walet terkait dengan karakteristik pelaku tindak pidana dilakukan dengan merusak dinding,merusak pintu, memanjat tembok, dilakukan pada malam hari dan dilakukan secara berkelompok. Hingga perlunya mengenali karekteristik tersebut guna dapat melakukan penanggulangan yang tepat. Kedua, upaya penanggulangan yang dilakukan  menggunakan upaya penanggulangan lewat jalur penal maupun non penal. Upaya penal dapat juga dipahami dengan upaya refresif yang mana upaya penegakan hukum dengan cara menegakan hukum pidana, lebih sederhananya upaya penal bisa disebut dengan upaya menempuh jalur hukum dan penanggulangan kejahatan lewat jalur non penal lebih bersifat akan pencegahan untuk terjadinya kejahatan.

Kata kunci           : Pencurian, Sarang Walet, Modus Operandi.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI