DIGITAL LIBRARY



JUDUL:KINERJA PELAYANAN PADA BIDANG BIMBINGAN MASYARAKAT ISLAM DI KEMENTERIAN AGAMA KABUPATEN HULU SUNGAI TENGAH
PENGARANG:RISTYA NURJANNAH
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-25


ABSTRAK

 

Ristya Nurjannah. 2021. Kinerja Pelayanan Pada Bidang Bimbingan Masyarakat Islam di Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Program Pascasarjana Magister Ilmu Pemerintahan Fisip ULM Banjarmasin, penulisan tesis di bawah bimbingan (1) Budi Suryadi dan (2) Hairudinor.

Penelitian yang dilakukan mengenai Kinerja Pelayanan pada Bidang Bimbingan Masyarakat Islam di Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Tengah dilatarbelakangi karena ketidaksesuaian waktu pada saat proses pelayanan serta ketidaksesuaian jumlah data pengguna layanan pada bidang Bimbingan Masyarakat Islam yang masuk dan keluar di bulan Januari-Maret. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Kinerja Pelayanan BP4 (Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan) serta mengetahui faktor kendala yang ada.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus dengan pendekatan penelitian kualitatif yaitu untuk mengumpulkan data dari kinerja pelayanan yang ada pada bidang Bimbingan Masyarakat Islam di Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah 13 orang yang merupakan 1 orang Kepala Sub Bagian TU, 1 orang Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, 1 orang Staff Bimbingan Masyarakat Islam dan 10 orang pengguna layanan Bimbingan Masyarakat Islam.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti diketahui bahwa 1) Kinerja pelayanan BP4 (Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan) yang ada pada bidang Bimbingan Masyarakat Islam di Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Tengah pada indikator kinerja quality, quantity, timeliness, cost effectiveness, need for supervision dan interpersonal impact sudah cukup baik. 2) Faktor kendala yang ada pada layanan BP4 (Badan Penasihatan Pembinaan dan Pelestarian Perkawinan) bidang Bimbingan Masyarakat Islam yaitu ketidaktepatan waktu pada saat proses pelayanan, dimana pada saat mediasi dilakukan pengguna layanan tidak berhadir, serta terkadang kesulitan pada saat penggalian data pengguna layanan. Dari hasil pemaparan, dapat disimpulkan bahwa kinerja pelayanan pada bidang Bimbingan Masyarakat Islam di Kementerian Agama Kabupaten Hulu Sungai Tengah sudah cukup baik. Saran dari peneliti, perlu dilakukan evaluasi mendalam untuk meningkatkan kinerja pegawai.

 

Kata Kunci: Kinerja, Pelayanan, Bidang Bimbingan Masyarakat Islam

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI