DIGITAL LIBRARY



JUDUL:DISIPLIN BELAJAR DALAM LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI JURUSAN AKUNTANSI DI SMK BINA BANUA BANJARMASIN
PENGARANG:INDRI YUNITA PUTRI
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-26


 

ABSTRAK

 

Indri, Yunita Putri. 2019. Disiplin Belajar dalam Lingkungan Keluarga terhadap Hasil Belajar Siswa/i Mata Pelajaran Ekonomi Jurusan Akuntansi di SMK Bina Banua Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin (Dibawah Bimbingan Bapak Prof. Dr. Dwi Atmono, M.Pd, M.Si sebagai Pembimbing I dan Ibu Melly Agustina Permatasari, M.Pd sebagai Pembimbing II)

Kata kunci : Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, Hasil belajar

Penelitian ini memiliki tujuan untuk (1) Menganalisis pengaruh disiplin belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa/i SMK Bina Banua Banjarmasin. (2) Menganalisis pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil belajar akuntansi siswa/i SMK Bina Banua Banjarmasin. (3) Menganalisis disiplin belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar akuntansi siswa/i SMK Bina Banua Banjarmasin.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini berjumlah 73 siswa kelas X Akuntansi 1 dan X Akuntansi 2 SMK Bina Banua Banjarmasin. Sampel pada penelitian ini menggunakan sampel jenuh. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa angket  (kuisioner) dengan variabel penelitian disiplin belajar sebagai X1, lingkungan keluarga sebagai X2 dan hasil belajar sebagai Y. Teknik analisis data menggunakan uji regresi berganda uji f dan uji t.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) disiplin belajar berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa hal ini ditunjukkan dengan nilai 0,000 < 0,05 maka terdapat pengaruh signifikan. (2)lingkungan keluarga berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa hal ini ditunjukkan dengan nilai 0,000 < 0,05 maka terdapat pengaruh signifikan. (3) disiplin belajar dan lingkungan keluarga berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai F hitung 36,261 > 3,128 lebih besar dari pada F tabel maka dapat disimpulkan variabel disiplin belajar dan lingkungan keluarga mempunyai pengaruh secara bersama-sama terhadap hasil belajar.

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI