DIGITAL LIBRARY



JUDUL:PENGARUH KESIAPAN DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA DALAM MATERI EKONOMI TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA SMA KORPRI BANJARMASIN
PENGARANG:Welsa Oktaveyanti
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-26


ABSTRAK

Welsa Oktaveyanti, A1A314208, 2019. Pengaruh Kesiapan dan Kemandirian Belajar Dalam Materi Ekonomi Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa SMA KORPRI Banjarmasin, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Rizali Hadi, MM. (II) Melly Agustina Permatasari, M.Pd.

 

          Kesiapan dan Kemandirian Belajar berperan penting dalam meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk (I) mengetahui adanya pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar ekonomi (II) mengetahui adanya pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar (III) mengetahui adanya pengaruh kesiapan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi.

          Penelitian ini merupakan penilitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian menggunakan 82 siswa kelas X dan XI IPS di SMA Korpri Banjarmasin. Metode dan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan tes. Uji yang digunakan diantaranya: uji validitas, uji reliabilitas, normalitas, linearitas. Sedangkan teknik analisis yang digunakan: uji regresi linier berganda, korelasi sederhana, dan korelasi persial dengan bantuan SPSS.Hasil uji analisis validitas angket variabel kesiapan belajar 0,509-0,938 dan variabel kemandirian belajar 0,523-0,789 , relibilitas tes koefisien 0,83, kesukaran tes persentase mulai dari 15,38%-96,15% dan daya pembeda persentase 0%-71,43%.

          Hipotesis penilitian menunjukkan pengaruh kesiapan dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar ekonomi setelah dilakukan analisis korelasi diperoleh nilai  Fhitung > Ftabel sebesar 3,581>3,11 koefisien korelasi bersama 0,288 dan determinasi (R2) sebesar 8,3%. Terdapat pengaruh kesiapan (X1) dan kemandirian belajar (X2) terhadap hasil belajar ekonomi(Y).

 

Kata kunci: Kesiapan Belajar, Kemandirian Belajar, Hasil Belajar Ekonomi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI