DIGITAL LIBRARY



JUDUL:ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI SIKAP SOSIAL SISWA TERHADAP PERILAKU EKONOMI DI SMA NEGERI 12 BANJARMASIN
PENGARANG:Widya Nuriana
PENERBIT:UNIVERSITAS LAMBUNG MANGKURAT
TANGGAL:2021-11-26


ABSTRAK

 

Widya Nuriana, A1A314203. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Sikap Sosial Siswa Terhadap Perilaku Wkonomi di SMA Negeri 12 Banjarmasin. Skripsi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin. Pembimbing (I)., Prof. Dr. Dwi Atmono, M.Pd, M.Si, (II). Dr. H. Supriyanto, Ak. M.Pd.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Untuk mengetahui bagaimana gambaran sikap sosial siswa perilaku ekonomi di SMAN 12 Banjarmasin. 2) Untuk mengetahui bagaimana gambaran perilaku ekonomi siswa di SMAN 12 Banjarmasin. 3) Untuk mengetahui bagaimana pengaruh sikap sosial terhadap perilaku ekonomi  di SMAN 12 Banjarmasin.

            Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dan asosiatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah data primer dan data sekunder, yaitu teknik pengambilan sampel sumber data dengan pertimbangan tertentu seperti orang tersebut dianggap paling tahu tentang apa yang akan memudahkan dalam penelitian, adapun informan dalam penelitian ini yaitu siswa/i kelas XI SMKN 12 Banjarmasin. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, kuesioner, dokumentasi, serta teknik analisis data yang digunakan adalah data Analisis Deskriptif, Analisis Regresi Linear Sederhana, dan Uji t.Pada akhirnya, pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber.

            Hasil penelitian menunjukkan: 1) sikap sosial yang dimiliki siswa SMA Negeri 12 Banjarmasin masih kurang. Adapun sikap sosial yang masih rendah yaitu sikap peduli, hal ini menggambarkan bahwa banyak siswa yang masih kurang peduli dengan orang disekitarnya. Untuk itu diharapkan agar siswa lebih meningkatkan lagi sikap peduli terhadap orang lain dengan membina hubungan sosial dengan teman-teman ataupun guru-guru di sekolah dengan baik. 2) status sosial ekonomi orang tua berpengaruh terhadap perilaku konsumsi siswa. Semakin baik status ekonomi orang tua maka perilaku konsumsi siswa juga semakin tinggi. Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sikap sosial terhadap perilaku ekonomi siswa di SMA Negeri 12 Banjarmasin yang ditunjukkan dengan nilai thitung>ttabel (7,162>1,664) dan nilai koefisien determinasi sebesar 0,391 atau 39,1%.

 

Kata Kunci: Sikap Sosial, Perilaku Ekonomi

Berkas PDF
NODOWNLOAD LINK
1FILE 1



File secara keseluruhan dapat di unduh DISINI